telset

Dituding Curangi Hasil Benchmark Realme GT, Ini Kata Bos Realme

Telset.id, Jakarta – AnTuTu memblokir Realme GT dari platform setelah adanya dugaan kecurangan pada hasil benchmark. Pihak Realme pun akhirnya buka suara untuk menjawab tudingan dari AnTuTu.

Menurut penjelasan dari CMO Realme Global, Chase Xu, yang diterima redaksi Telset, Jumat (19/3/2021), hasil benchmark Realme GT sudah akurat dan pihaknya selalu memberikan pengalaman sebenarnya pada pengguna.

“Skor benchmark dari Realme GT adalah data akurat dibawah versi terbaru dari AnTuTu Benchmark. Realme selalu berkomitmen untuk menghadirkan kepada pengguna smartphone dengan performa tinggi, memberikan pengalaman sebenarnya kepada pengguna telah menjadi prioritas utama untuk realme,” jelas Xu.

{Baca Juga: Manipulasi Skor Benchmark, Realme GT Diblokir AnTuTu}

Lebih lanjut Realme mengatakan, hal ini terjadi karena mungkin saja ada perbedaan pemahaman antara produsen dan pihak AnTuTu tentang cara mendapatkan skor tinggi pada benchmark.

“Sejalan dengan tidak adanya standar atau pedoman resmi dari benchmark, jadi mungkin ada beberapa pemahaman yang berbeda antara produsen dan AnTuTu tentang cara mendapatkan skor tinggi pada benchmark,” sambungnya.

Karena belum adanya kesimpulan akhir, Realme merasa kata “cheating” atau “curang” mungkin akan menjadi misinterpretasi, sehingga kami merekomendasikan untuk menggantinya menjadi “skor tinggi yang belum diverifikasi”.

Terkait dengan masalah pengujian yang diragukan oleh kedua belah pihak, pihak Realme masih tetap berkomunikasi dengan pihak AnTuTu.

Realme GT Diduga Manipulasi Hasil Benchmark

Spesifikasi Realme GT
Realme GT

Sebelumnya, Realme GT dicurigai meningkatkan skornya secara artifisial saat melakukan pengujian performa dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark.

Hasil temuan yang didapat oleh pihak AnTuTu langsung diunggah melalui sebuah postingan di forum Weibo.

{Baca Juga: Realme GT Meluncur, HP 5G Murah dengan Snapdragon 888}

Sebelum diumumkan secara resmi, pihak Realme memamerkan hasil benchmark dari Realme GT yang berhasil meraih skor sebesar 770.221 di aplikasi AnTuTu.

Hasil ini dicurigai karena umumnya smartphone dengan chipset Snapdragon 888 hanya meraih skor rata-rata sebesar 710.000 atau paling tinggi pada 735.439, berdasarkan refrensi dari Qualcomm.

Pihak AnTuTu melakukan pengujian independen pada Realme GT dan menemukan bahwa ada dua masalah yang tersembunyi.

Pertama terletak pada tes multi core. Realme GT rupanya menahan beberapa threads saat berjalan dengan inti CPU yang kecil untuk kemudian baru berjalan ketika menggunakan core besar.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Kedua, ditemukan pada tes UX, khususnya saat melakukan dekompresi gambar berformat JPG. Tim memperhatikan bahwa HP baru Realme tersebut melewatkan banyak proses dekompresi JPG dan gambar yang dihasilkan sangat pixelated.

Akibat dua temuan ini, AnTuTu telah memutuskan untuk melarang skor Realme GT selama tiga bulan. Pihak Realme diminta untuk mengubah software ponsel agar berfungsi sebagaimana mestinya. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0