iPhone XR adalah “iPhone 9 yang Hilang”?

iPhone 9 yang hilang

Telset.id, Jakarta РCatatan teardown atau laporan hasil pembongkaran dari iPhone XR milik situs iFixit mengungkapkan fakta yang cukup menarik. Menurut iFixit, iPhone XR adalah iPhone 9 yang hilang. Maksudnya?

Dari hasil teardown, sejumlah desain perangkat keras di iPhone XR masih menggunakan gaya iPhone 8. Jika diibaratkan, iPhone XR merupakan gabungan desain iPhone 8 dengan gaya dari iPhone X.

Beberapa contoh desain perangkat keras iPhone 8 yang diterapkan di iPhone XR adalah single-decker logic board, baterai satu sel berbentuk memanjang, kamera tunggal di belakang, dan lainnya.

iFixit juga menemukan sesuatu yang baru pada desain perangkat keras di iPhone XR, yakni sistem modular dari SIM Reader. Itu artinya, komponen SIM Reader tidak menyatu dengan mesin utama iPhone XR.

Menurut Engadget, dikutip Telset.id pada Selasa (30/10/2018), gaya perangkat keras di iPhone XR mungkin merupakan cara Apple untuk menghemat biaya servis dan mempermudah manufaktur iPhone XR dengan varian Dual Nano SIM.

Secara rinci, baterai iPhone XR sedikit lebih kecil dibanding milik iPhone XS Max. iPhone XR memiliki daya baterai sebesar 11.16 Wh, sementara iPhone XS Max sebesar 12.08 Wh.

Namun, daya baterai iPhone XR dinilai tetap lebih hemat. Sebab, iPhone XR menggunakan layar berjenis LCD dengan resolusi lebih rendah daripada iPhone XS Max dengan layar OLED dan resolusi lebih tinggi.

iFixit juga menilai, iPhone XR lebih mudah untuk diperbaiki. Karenanya, mereka memberikan skor perbaikan sebesar 6 dari 10. Apple masih tetap memberi akses mudah untuk membongkar iPhone XR, terutama jika hanya perlu mengganti baterai. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here