iPhone 12 Smartphone Terlaris di Dunia, Apple Kuasai Pasar

Telset.id, Jakarta – Meski smartphone Android kini membanjiri pasar, namun posisi iPhone masih sangat kuat di pasaran. Terbukti, perusahaan riset pasar Counterpoint menobatkan iPhone 12 sebagai smartphone terlaris secara global pada Januari 2021.

Dalam laporan Counterpoint mengatakan iPhone 12, bersama dengan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, menyumbang 71 persen dari penjualan smartphone Apple untuk bulan tersebut.

{Baca juga: Samsung Siap Produksi Layar LTPO 120Hz untuk iPhone 12}

Seri iPhone 12 – terdiri dari iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 mini – diluncurkan pada Oktober tahun lalu, sedikit lebih lambat dari jadwal peluncuran reguler iPhone.

Ponsel ini hadir dengan dukungan 5G dan telah memperbarui desain pada seri iPhone 11 dengan tepi datar. Kedua penambahan ini dikatakan telah membantu Apple mendapatkan lebih banyak pelanggan melawan persaingan.

Counterpoint, dalam laporan Market Pulse yang dirilis pada hari Jumat lalu, mengatakan bahwa Apple mendominasi daftar smartphone terlaris, dan meraih sebanyak enam tempat dalam 10 model smartphone terlaris global pada bulan Januari. iPhone 12 memimpin daftar diikuti oleh iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Tidak mengherankan, hampir sepertiga dari penjualan seri iPhone 12 Apple berasal dari AS, kata Counterpoint dalam laporannya. Mereka menambahkan bahwa promosi dan permintaan operator yang kuat untuk 5G di negara itu adalah salah satu alasan utama di balik pertumbuhan Apple.

{Baca juga: Dua Minggu Rilis, iPhone 12 Jadi Smartphone 5G Terlaris}

iPhone 12 Pro Max adalah model terlaris di AS, karena konsumen di negara Adidaya tersebut lebih menyukai model kelas atas daripada iPhone 12 biasa.

Menyusul seri iPhone 12 adalah iPhone 11 yang menjadi smartphone terlaris keempat secara global. iPhone 11 diluncurkan pada September 2019, dan berhasil dengan baik dalam hal penjualan di seluruh dunia bahkan beberapa bulan setelah peluncurannya.

Sebuah laporan pada bulan Februari mengklaim bahwa iPhone 11 adalah smartphone yang paling banyak dikirim pada tahun 2020, dengan lebih dari 64,8 juta unit dikirim ke seluruh dunia.

Selain iPhone 11, iPhone SE 2020 juga berhasil masuk dalam daftar smartphone terlaris di bulan Januari. iPhone 12 mini yang kerap dianggap belum meraih kesuksesan setara dengan model iPhone 12 lainnya, juga berhasil masuk dalam 10 besar daftar smartphone terlaris di bulan Januari.

{Baca juga: iPhone 12 Tiba di Indonesia, Harga “Cuma” Rp 17 Jutaan Saja}

Setelah model iPhone, Redmi 9A dan Redmi 9 yang menjadi jagoan Xiaomi di kelas ponsel harga terjangkau, masing-masing menempati posisi kelima dan keenam dalam daftar. Kedua ponsel tersebut dikatakan telah menyumbang 25 persen dari total penjualan smartphone Xiaomi untuk bulan tersebut.

“Dengan semakin cepatnya peluncuran jaringan 5G, OEM meluncurkan lebih banyak perangkat 5G di berbagai segmen harga,” kata Counterpoint Research Associate Monika Sharma. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -