Samsung Siap Produksi Layar LTPO 120Hz untuk iPhone 12

Telset.id, Jakarta – Samsung dilaporkan tengah mempersiapkan lini produksi panel layar OLED LTPO atau low-temperature polycrystalline oxide dengan refresh rate 120Hz untuk iPhone 13.

Menurut kabar yang beredar, Samsung Display sedang dalam proses untuk mengubah jalur produksi LTPS TFT OLED menjadi LTPO TFT untuk Apple.

iPhone 13 sendiri nantinya akan hadir dengan layar 120Hz. Fitur ini sebelumnya tidak jadi diimplementasi oleh Apple pada iPhone 12 Series.

Alasannya, Apple khawatir kombinasi fitur layar 120Hz dan teknologi 5G akan menguras baterai iPhone 12. Belum lagi, kapasitas baterai dari trio iPhone 12 pun memang cukup kecil dibandingkan HP Android terbaru lainnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Di sinilah teknologi panel OLED LTPO buatan Samsung berperan. Panel layar ini lebih hemat daya daripada OLED tradisional.

Selain itu, panel OLED LTPO buatan Samsung memungkinkan iPhone 13 memiliki fitur refresh rate 120Hz yang adaptif, mirip seperti Samsung Galaxy S21.

Hanya iPhone 13 Pro ke Atas dengan OLED LTPO

iPhone 13 Touch ID Layar

Dilansir Telset dari phoneArena, Selasa (23/3/2021), laporan tersebut juga menegaskan bahwa hanya model iPhone 13 ke atas saja yang akan datang dengan panel OLED LTPO dari Samsung.

Itu artinya, iPhone 13 Mini dan model standar tidak akan menawarkan kecepatan refresh rate 120Hz yang kencang. Meski demikian, tak berarti kedua seri ini memiliki kualitas layar yang rendah.

Kabarnya, iPhone 13 Mini dan versi standar akan menggunakan panel layar buatan LG dan BOE.

Produksi layar 120Hz untuk iPhone 13 akan dimulai sesegera mungkin. Selain jadwal perilisan iPhone 13 akan segera terjadi pada September mendatang, produksi panel layar tersebut membutuhkan waktu lebih lama daripada OLED standar.

iPhone 13 Adopsi Teknologi Kamera iPhone 12 Pro Max

iPhone XR
iPhone XR

Ada rumor yang menyebutkan kalau iPhone 13 akan mengusung teknologi kamera yang sama dengan iPhone 12 Pro Max. Teknologi ini akan diimplementasikan di seluruh seri iPhone terbaru 2021.

{Baca juga: iPhone 13 Adopsi Teknologi Kamera iPhone 12 Pro Max}

Teknologi kamera yang dimaksud adalah stabilisasi gambar optik pergeseran sensor. Asal tahu saja, stabilisasi pergeseran sensor adalah tempat stabilisasi dilakukan di sensor kamera itu sendiri, bukan di lensa.

Teknologi ini dianggap sebagai bentuk stabilisasi yang lebih baik dan biasanya digunakan pada kamera DSLR. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0