MagSafe Milik iPhone 12 Bisa Ngecas HP Android

MagSafe Android iPhone 12
Foto: 9to5Mac

Telset.id, Jakarta – MagSafe merupakan aksesoris wireless charger yang tersedia khusus untuk iPhone 12. Namun rupanya, MagSafe juga bisa mengisi baterai secara nirkabel di beberapa smartphone Android juga. Kok bisa?

Jadi, Apple MagSafe sebenarnya merupakan teknologi wireless charger iPhone 12 yang juga berfungsi pada antarmuka Qi. Sehingga, perangkat apapun yang mendukung Qi Wireless Charging seharusnya bisa diisi baterainya menggunakan aksesoris ini.

Salah seorang jurnalis dari Android Police, Max Weinbach, melakukan pengujian menggunakan Samsung Galaxy Z Fold2.

Ternyata, ponsel Android terbaru Samsung itu bisa terpasang dengan sempurna ke MagSafe, dan baterainya pun terisi dengan baik.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Belum diketahui output charging yang dihembuskan aksesoris wireless charging ini pada Samsung Galaxy Z Fold2. Dilansir dari GSMArena, Rabu (21/10/2020), mungkin kecepatannya hanya mencapai 7,5W saja, karena output 15W hanya bekerja di iPhone 12 Series saja.

Selain Samsung Galaxy Z Fold2, MagSafe pun berfungsi dengan baik untuk Google Pixel 5. Hal tersebut diketahui usai channel YouTube Zollotech mencoba mengisi daya ponsel terbaru Google dengan MagSafe.

Hingga kini, belum diketahui apakah semua seri ponsel Android yang mendukung Qi Wireless Charging bisa dicas menggunakan Apple MagSafe atau hanya beberapa jenis smartphone saja.

MagSafe, Teknologi Wireless Charging Ngebut untuk iPhone 12

MagSafe sendiri merupakan teknologi wireless charging yang memanfaatkan magnet di body belakang iPhone 12.

Kelebihan dari MagSafe adalah, perangkat ini dapat mengisi daya iPhone 12 secara nirkabel 2x lebih cepat daripada perangkat pengisian daya berbasis Qi. MagSafe menawarkan output daya sebesar 15W.

Sebagai perbandingan, wireless charging berbasis Qi hanya bisa mengisi daya baterai dengan output maksimal 7,5W saja. Jelas bahwa wireless charging baru ini menawarkan kecepatan yang lebih baik.

{Baca juga: MagSafe, Wireless Charging Ngebut untuk iPhone 12}

Tercatat di halaman spesifikasi teknis untuk lini iPhone 12 menyebutkan bahwa smartphone mendukung pengisian daya MagSafe 15W, sementara pengisian Qi di 7,5W.

Mulai dari iPhone 8 yang diluncurkan pada tahun 2017 sudah mendukung pengisian daya secara nirkabel. Tetapi Apple tidak pernah memanfaatkan kecepatan pengisian hingga 15W.

Belum diketahui apakah MagSafe juga akan berfungsi maksimal saat digunakan di perangkat selain iPhone 12. Saat ini perangkat MagSafe resmi dijual di toko online Apple dengan harga USD 39 atau setara dengan Rp 500 ribuan. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here