iPhone 12 Dual SIM Kok Gak Dukung 5G, Apple?

iPhone 12 5G
Foto: iMore

Telset.id, Jakarta – Kabar menyebut bahwa iPhone 12 Dual SIM tidak mendukung koneksi 5G. MacRumors pun menyarankan bahwa kendala iPhone 12 tersebut lebih seperti masalah software daripada hardware.

Satu fitur iPhone 12 adalah mendukung SIM ganda atau Dual SIM. Satu slot kartu SIM akan menjadi slot fisik, sedangkan lainnya akan menjadi e-SIM. Hal itu memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM.

Namun, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Selasa (20/10/2020), jika ingin menggunakan 5G di iPhone 12, pengguna mungkin harus menonaktifkan salah satu slot kartu SIM, sesuai dokumen pelatihan sumber daya situs Apple.

Di sana ada pertanyaan tentang apakah koneksi 5G akan berfungsi di iPhone 12 dengan SIM ganda atau tidak? Secara logis, pengguna dapat berasumsi bahwa selama paket seluler memang menyertakan 5G, koneksi tetap berfungsi.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Namun, menurut Apple, saat menggunakan dua jalur dalam mode SIM ganda, data 5G tidak didukung di salah satu jalur dan akan kembali ke 4G LTE. Nah, bagaimana kalau pelanggan hanya menggunakan eSIM?

Pertanyaan lain, bagaimana jika pengguna iPhone 12 menggunakan operator serta paket layanan yang didukung 5G?

“Kalau ingin menggunakan 5G di iPhone 12, Anda harus menonaktifkan salah satu slot kartu SIM,” jawab Apple.

Problem tersebut sepertinya mengganggu dan mungkin menjadi pukulan telak bagi pengguna yang ingin menggunakan dua kartu SIM sekaligus. MacRumors menduga ada masalah 5G pada iPhone 12 hanya sebatas kendala di software daripada hardware.

{Baca juga: Konyol! Baterai iPhone 12 Mini Hanya 2.227mAh}

Menurut MacRumors, ada kemungkinan bahwa pembaruan iOS pada masa mendatang dapat mengaktifkan koneksi 5G untuk dua kartu SIM di iPhone 12. Anehnya, kenapa Apple tidak memfasilitasinya sejak awal merilis iPhone 12?

Spesifikasi iPhone 12 Series

iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max tampil dengan opsi warna Blue, Gold, Graphite, dan Silver. Sementara iPhone 12 dan 12 mini, hadir dengan opsi warna yang lebih beragam. Smartphone tersebut dilapisi warna Black, Blue, Green, Red, dan White.

iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max hadir dengan ukuran layar OLED Super Retina XDR yang beragam. iPhone 12 mini mengusung layar 5,4 inci dengan ukuran notch yang sama besarnya dengan tiga seri lainnya.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max}

Sementara model standar dan 12 Pro, dilengkapi layar berukuran 6,1 inci. iPhone 12 Pro Max muncul sebagai iPhone dengan layar terbesar dengan ukuran 6,7 inci.

Keempatnya ditenagai oleh prosesor Apple A14 Bionic yang powerful. Tentu saja, prosesor iPhone 12 ini sudah mendukung jaringan 5G.

iPhone 12 mini dan model standar mempunyai RAM 4GB dengan kapasitas memori penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max, ditopang RAM 6GB dengan pilihan storage 128GB, 256GB, sampai 512GB.

iPhone 12 dan model mini mengusung dual kamera di bagian belakang. Konfigurasinya 12MP wide dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) dan 12MP ultrawide.

{Baca juga: Perbandingan iPhone 12 vs iPhone 12 Mini, Pilih Mana?}

Sedangkan iPhone 12 Pro dan model tertinggi, punya tiga kamera belakang dengan dukungan LiDAR. Ketiganya kameranya adalah 12MP wide dengan OIS, 12MP ultrawide, dan 12MP telephoto dengan kemampuan 2,5x optical-zoom.

Sementara kamera depannya, seluruh seri iPhone 12 punya kamera 12MP yang tergabung dalam TruDepth Camera. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here