iPad Air 2020 vs Galaxy Tab S7 Plus, Canggih Mana?

Telset.id, Jakarta – Apple sukses mencuri perhatian pasar tablet setelah meluncurkan iPad Air 2020. Tablet terbaru Apple ini akan berhadapan dengan sejumlah pesaing, salah satunya Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Mana yang lebih canggih?

Untuk mengetahuinya, Kali ini kami akan membandingkan iPad Air 2020 dengan Galaxy Tab S7 Plus, tablet andalan raksasa Korea Selatan tersebut

Secara spesifikasi, iPad Air 2020 datang dengan chipset dan juga software baru. Sementara Galaxy Tab S7 Plus merupakan tablet Android yang disebut paling powerful saat ini. Tentunya dengan spesifikasi dan performa kelas atas.

{Baca juga: Membandingkan iPad Air 2020 dan iPad Pro 2020, Pilih Mana?}

Menarik tentunya membandingkan kedua tablet gahar ini. Mulai dari spesifikasi, fitur, hingga harga yang dibawa iPad Air dan Galaxy Tab S7 Plus.

So, langsung saja berikut ini adalah perbandingan iPad Air dan Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Check this out!

Display

iPad Air 2020 memiliki layar IPS dengan bentang 10,9 inci dan beresolusi 2360 x 1640. Yang istimewa, iPad Air 2020 mengadopsi desain yang sama dengan iPad Pro, seri tablet Apple yang lebih mahal.

Perangkat ini memiliki tepian logam dengan lekukan yang lebih sedikit daripada iPad lama. Apple memperbesar tampilan layarnya hingga 0,4 inci namun tetap mempertahankan dimensi yang sama dengan sebelumnya.

Model baru ini menjadi sedikit lebih ringan dan kompak. Tombol home juga hilang di depan. Sebagai gantinya, sensor Touch ID dipindahkan ke bagian atas, digabungkan dengan tombol power.

iPad Air 2020 mendukung Apple Pencil Generasi ke-2. Namun sayangnya, Apple Pencil dijual terpisah, sehingga Anda harus merogoh duit lagi untuk membelinya dengan harga sekitar Rp 1,7 juta.

Sementara Samsung Galaxy Tab S7 Plus menggunakan layar AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800 x 1752 dan mendukung refresh rate 120Hz.

{Baca Juga: 5 Fitur Unggulan iPad Air 2020, Selain A14 Bionic!}

Galaxy Tab S7 Plus dilengkapi S Pen terbaru dengan dukungan Integrasi Bluetooth, Accelerometer, dan gyro. S-Pen juga mendukung latensi super-rendah 9ms. S Pen disertakan dalam kotak penjualan Tab S7 Plus.

Spesifikasi Hardware

iPad Air ditenagai chipset terbaru A14 Bionic dengan Neural Engine dan arsitektur 64 bit berakrsitektur 5nm. Apple menyebut kinerja CPU-nya 40% lebih cepat dan 30% grafis yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. iPad Air memiliki opsi penyimpanan 64GB / 256GB.

Sementara Galaxy Tab S7 Plus dimotori chipset terbaru dan tertinggi dari Qualcomm, yakni Snapdragon 865+. Chipset ini memiliki arsitektur 7nm, dengan tiga varian kapasitas RAM.

Yakni RAM 6GB dan Storage 128GB, RAM 8GB dan Storage 256GB, RAM 8GB dan penyimpanan UFS 3.0 512GB yang juga dapat diupgrade hingga 1TB dengan kartu Micro-SD.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S7: Tablet “PC-like” dengan Kinerja Tinggi}

Chip A-series Apple diklaim memiliki kinerja lebih baik daripada chip andalan Snapdragon, tetapi tetap perlu dibuat perbandingan antara keduanya untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik.

Namun untuk urusan penyimpanan, Tab S7 Plus memimpin dengan lebih banyak opsi penyimpanan dan dukungan memori yang dapat di-upgrade.

Sebagai sumber daya, Galaxy Tab S7 Plus memiliki baterai 10.090mAh dengan pengisian cepat 45W. Tetapi pengisi daya cepat 45W ini dijual terpisah yang merupakan sedikit kekurangannya

iPad Air memiliki baterai 28,6Wh dengan dukungan pengisian cepat 20W dan pengisi daya cepat 20W disertakan dalam kemasannya.

Untuk urusan konektivitas, Apple sekarang beralih ke Tipe-C dan meninggalkan lightning port yang akan membantunya terhubung dengan lebih banyak produk.

Kamera

Tab S7 Plus memiliki pengaturan kamera ganda di bagian belakang dengan sensor primer sudut lebar 13MP, f / 2.0, 26mm, dan sensor sekunder sudut lebar ultra lebar 5MP f / 2.2, 12mm. Di bagian depan, ada kamera sudut lebar 8MP f / 2.0, 26mm untuk selfie.

IPad Air memiliki kamera tunggal di bagian belakang dengan sensor sudut lebar 12MP f / 1.8 dan sensor standar 7MP f / 2.0 31mm di bagian depan untuk selfie.

Meskipun kinerja kamera bergantung pada hasil jadi dari kedua perangkat, namun jika mempertimbangkan spesifikasi di atas kertas, Tab S7 Plus terlihat lebih baik.

Harga

iPad Air 2020 akan resmi dijual dengan banderol harga USD 599 atau setara dengan Rp 8 jutaan. Rencanyan6a, tablet premium ini baru akan tersedia pada bulan Oktober mendatang.

Sementara Galaxy Tab S7 Plus sudah tersedia di Indonesia dengan tiga pilihan warna, yaitu Mystic Black, Mystic Silver dan Mystic Bronze, dan dijual dengan banderol harga di angka Rp 16.999.000.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

Tentunya iPad Air 2020 menawarkan harga yang jauh lebih menarik. Namun kita belum mengetahui berapa banderol harganya saat tiba di Indonesia. Tapi sepertinya tetap masih lebih terjangkau jika dibanding Galaxy Tab S7 Plus.

Kesimpulan

Baik iPad Air 2020 maupun Samsung Galaxy Tab S7 Plus sebenarnya menargetkan konsumen yang kurang lebih sama. Namun Apple menawarkan harga yang tentu lebih terjangkau.

Secara spesifikasi juga berbeda tipis. Tinggal mana sistem operasi yang mungkin lebih familiar Anda gunakan, Android atau iPad OS. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here