Huawei Mate X, Ponsel Layar Lipat 5G Pesaing Galaxy Fold

Telset.id, Jakarta – Belum genap seminggu, Samsung Galaxy Fold, kini sudah memiliki pesaing yang tak kalah keren, yakni Huawei Mate X. Pabrikan asal China ini memperkenalkan ponsel layar lipat terbarunya ini di ajang MWC 2019, dengan tampilan yang lebih tipis, memiliki layar lebih besar, dan lipatan lebih rata.

Seperti telah beredar bocoran rumornya, Huawei akhirnya meluncurkan ponsel layar lipat pertamanya di perhelatan pameran teknologi MWC 2019 di Barcelona. Tak hanya mengusung model lipat, Mate X juga hadir dengan kemampuan 5G.

Huawei Mate X memiliki layar OLED berukuran 8 inci, dan ketebalannya saat dilipat sangat tipis, yakni hanya 11mm. Saat dilipat, layar utama Mate X berukuran 6,6 inci dengan resolusi 2480 x 1148, aspek rasio.

Sementara tampilan belakang layar 6,4 inci dengan resolusi 2480 x 892, aspek rasio 25: 9,  saat dilipat. Sedangkan pada saat posisi dibuka, layar utamanya berukuran 8 inci dengan resolusi 2480 x 2200, aspek rasio 8: 7.1.

Layar OLED dari Mate X memiliki tiga fungsi. Ketika perangkat dilipat, Anda pada dasarnya memiliki smartphone dua layar, dengan tampilan kedua di bagian belakangnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk memotret selfie dengan kamera utama, atau untuk keperluan lain yang ada di layar utama Anda dengan seseorang di sisi lain.

Pada saat Mate X dibuka, maka Anda akan mendapatkan tablet yang hampir persegi, yang memiliki bezel minimal di tiga sisi. Salah satu sisinya terdapat ketiga kamera dengan flash, dan kait tombol yang menahan tablet yang terlipat dalam posisi tertutup.

Pendekatan ini menjaga ketebalan sasis utama turun menjadi 5.4mm yang sangat tipis. Bahkan ketika dilipat, Mate X hanya memiliki ketebalan 11mm. Meski begitu, banyak yang mempertanyakan kenapa Huawei tidak membuat hybrid ponsel-tablet ini menjadi sedikit lebih luas untuk menghasilkan tampilan yang sempurna ketika terbuka penuh.

{Baca juga: Ini Harga Huawei Mate 20 & Mate 20 Pro di Indonesia}

Lantas, bagaimana dengan kemampuan kameranya dibandingkan dengan Huawei Mate 20 Pro? Berita bagusnya, Mate X diklaim memiliki kamera yang setara dengan Mate 20 Pro. Hal ini diungkap oleh Kepala pemasaran global Huawei Clement Wong.

Clement Wong mengatakan kepada bahwa kamera Mate X akan setara dengan kinerja Mate 20 Pro. Meski tidak persis sama, namun dia mengatakan kedua ponsel ini cukup identik, tetapi Mate X masih akan memiliki tiga lensa yang mencakup berbagai tingkat zoom.

Untuk spesifikasi lainnya, Mate X sudah menggunakan jaringan 5G, dengan disokong modem Balong 5000, yang diklaim sebagai modem terkencang di dunia saat ini.

Sementara untuk dapur pacunya, smartphone ini menggunakan prosesor Kirin 980, yang diproduksi dengan pemprosesan 7 nm dan diklaim mampu mencapai kecepatan hingga 2,6 GHz. Chipset ini disebut-sebut yang tercepat, dan hemat energi.

{Baca juga: Hands-on Huawei Y7 Pro (2019): “Menu Pembuka” untuk Generasi Muda}

Mate X ditenagai oleh dua baterai, yang masing-masing diletakkan di dua bagian perangkat dengan kapasitas 4.500 mAh, yang akan membuatnya cukup awet. Smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur pengisian daya cepat, yang akan mengisi daya hingga 85% dalam 30 menit.

Untuk harganya, Huawei membanderol Mate X seharga € 2.299 atau sekitar Rp 36,5 juta dengan 8GB RAM dan 512GB penyimpanan. Huawei menjanjikan akan melepaskan Mate X ke pasaran pada pertengahan tahun ini. [HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here