Huawei Mate 40 Pro jadi Smartphone Kamera Terbaik Versi DxOMark

Huawei Mate 40 Pro

Telset.id, Jakarta – Huawei Mate 40 Pro saat ini diplot sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini oleh DxOMark. Bukan hanya andal untuk kamera belakang saja, smartphone ini juga jago soal kamera selfie.

Huawei Mate 40 Pro merebut gelar smartphone kamera terbaik dari Xiaomi Mi 10 Ultra. Sementara untuk kamera depan, ponsel cerdas ini menggusur posisi Huawei P40 Pro.

Dikutip Telset.id dari DxOMark, Jumat (23/10/2020), Huawei Mate 40 Pro mendapatkan skor 140 untuk urusan fotografi. Ponsel pintar ini memiliki dynamic range yang sangat luas di semua level cahaya, dan bahkan situasi cahaya yang “sangat menantang”.

DxOMark menilai kalau Mate 40 Pro sangat cocok dijadikan pilihan untuk pengguna yang senang foto malam atau low-light. Pasalnya, kamera mampu menghasilkan foto minim noise dan punya detail bagus di semua tingkat cahaya sekitar.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Huawei Mate 40, Mate 40 Pro & Mate 40 Pro+}

Autofokus pada kamera Huawei Mate 40 Pro juga menjadi nilai plus. Fokus otomatis ini tergolong cepat dan akurat. Apalagi, pengguna pun dapat menciptakan foto bokeh yang tampak alami dan mendekati kualitas kamera DSLR.

Sama halnya dengan kamera utama, kamera ultrawide Mate 40 Pro mendapatkan pujian dari DxOMark. Kamera ini mampu memberikan kualitas foto sangat baik.

Bagaimana dengan video? DxOMark mengganjar Huawei Mate 40 Pro dengan skor 116 poin. Kamera smartphone ini mampu merekam gambar dengan kualitas detail yang baik dan tingkat noise yang rendah di semua situasi pengambilan gambar.

Warna yang ditonjolkannya bagus dan white balance otomatis pun berfungsi dengan baik. Selain itu, autofokus pada kamera mampu beradaptasi dengan mulus apabila jarak dari subjek berubah-ubah.

Didukung oleh OIS, pastinya stabilisasi video tak perlu diragukan lagi. Kamera Huawei Mate 40 Pro dapat menciptakan efek sinematik, terutama pengambilan video dilakukan sambil berlari.

 

Sementara untuk kamera selfie, DxOMark memberikan skor 104 poin. Kamera depan Mate 40 Pro dapat memberikan eksposur wajah yang baik dan punya dynamic range luas, termasuk dalam tingkat cahaya yang rendah.

Kamera depannya dinilai memberikan hasil maksimal meskipun pengambilan gambar dilakukan dengan background pemandangan atau situasi dengan tingkat cahaya yang kontras.

Meskipun kamera depan Huawei Mate 40 Pro berjenis fixed focus, tapi kameranya mempunyai kemampuan fokus yang sangat baik dan memiliki kedalaman bidang yang luas.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Didukung oleh 3D ToF, kamera depan smartphone tersebut dapat mencitakan foto selfie bokeh yang tampak bagus.

Meski demikian, ada kekurangan yang ditemukan DxOMark pada kamera depan ponsel pintar Huawei ini. Kekurangan yang dimaksud ialah adanya pengurangan kualitas detail ketika mengambil foto selfie di kondisi cahaya rendah.

Display Flash bisa digunakan sebagai alat bantu, namun foto selfie menjadi rentan terhadap vignetting atau pengurangan intensitas cahaya dan saturasi pada foto.

Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mate 40 Pro mempunyai layar OLED berukuran 6,76 inci dengan resolusi 2K atau 2.772 x 1.344 piksel. Layarnya punya lengkungan yang tergolong ekstrem di sisi kiri dan kanannya dengan sudut mencapai 88 derajat.

Kendati demikian, keduanya tetap memiliki tombol volume fisik dan memberikan pula opsi tombol volume virtual di kedua tepian layar.

Masih sama dengan versi standar, layar Mate 40 Pro sudah mendukung DCI-P3 HDR, refresh rate 90Hz, touch sampling 240Hz, dan sensor sidik jari di dalamnya.

Mate 40 Pro ditenagai dapur pacu yang luar biasa kencang. Ditenagai Kirin 9000 dengan clock-speed 3.13 GHz, prosesor ini memiliki kemampuan 10% lebih cepat dari Snapdragon 865+.

{Baca juga: Huawei Mate 30E Pro Debut, Ditenagai Chipset Lebih Kencang}

Ada GPU Mali-G78 dengan 24-core yang disebutkan lebih cepat 52% lebih kencang daripada Snapdragon 865+. Soal baterainya, Mate 40 Pro ditenagai oleh baterai 4.400 mAh dengan teknologi fast charging 66W dan wireless charging 50W.

Ke bagian kamera, Huawei Mate 40 Pro dibekali spesifikasi berupa kamera utama 50 MP f/1.9 dengan sensor baru berukuran 1/1.28″ dan dilengkapi OIS.

Disertakan kamera ultrawide 20 MP f/1.8, lensa periskop 12 MP dengan optical zoom 5x, dan sensor laser. Sedangkan kamera depan, ada kamera 13MP yang dibantu dengan adanya 3D ToF. (MF)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here