telset

Hati-hati Beli Smartphone Xiaomi ROM China

Telset.id, Jakarta – Biasanya, pembeli smartphone Xiaomi yang tidak dirilis di Indonesia akan mendapatkan smartphone dengan ROM China ataupun ROM distributor yang telah di-install layanan dari Google. Tapi mulai dari sekarang, sebaiknya mulai berhati-hati ketika membeli smartphone Xiaomi ROM China.

Sebab, sekarang Xiaomi tidak lagi mengizinkan smartphone-nya dengan ROM China untuk di-flash ulang ke ROM MIUI Global. Begitu juga sebaliknya, smartphone dengan ROM Global tidak dapat di-flash ke ROM China.

Baca juga: Penuhi TKDN, Xiaomi Mi 8 Youth Segera Dirilis di Indonesia

Dilansir Telset.id dari Gizmochina, Selasa (02/10/2018), hal tersebut diumumkan Xiaomi pada forum resminya. Perusahaan asal China ini menyatakan, pengguna harus memeriksa kembali sistem operasi pada smartphone mereka sebelum melakukan flashing atau update sistem operasi.

Selain itu, Xiaomi juga mewajibkan konsumen untuk membeli smartphone Xiaomi di toko resmi mereka atau melalui saluran penjualan resmi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Gara-gara Kontes, Mi Fans Tuntut Xiaomi

“Kami sangat menyarankan Anda untuk membeli smartphone Xiaomi di toko resmi dan periksa kembali informasi sistem operasi sebelum flashing atau updating,” jelas Xiaomi.

Walaupun demikian, beberapa pengguna Xiaomi menyatakan bahwa mereka tetap bisa melakukan flash ROM ke versi apapun asalkan bootloader smartphone tidak terkunci. Namun klaim itu masih belum terbukti, karena hingga kini masih belum diketahui kapan dan untuk sistem operasi apa aturan baru tersebut mulai diberlakukan Xiaomi.

Baca Juga: Xiaomi Mi Mix 3 Punya Tombol Xiao AI, Buat Apa?

Seperti diketahui, karena layanan Google dilarang di China, Xiaomi akhirnya membuat dua jenis ROM. ROM China, tidak memiliki layanan Google dan mempunyai cukup banyak bloatware di dalamnya, sedangkan ROM Global mendukung layanan Google dan dikhususkan untuk pasar smartphone global, termasuk Indonesia. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0