Hands-on Oppo A91: Kamera Maksimal dengan “All New AI Beautification”

Oppo A91

Telset.id, Jakarta – Kamera masih menjadi salah satu fokus Oppo dalam menghadirkan produk barunya di Indonesia. Oppo A91 misalnya, smartphone dengan banderol harga Rp 3,6 jutaan di Indonesia ini mengandalkan sektor kamera, khususnya fotografi sebagai daya tarik utamanya.

Oppo A91 merupakan smartphone yang masuk ke lini seri A. Ketika menghadirkan smartphone ini secara resmi beberapa waktu lalu, Oppo mengatakan bahwa smartphone tersebut akan memberikan kebebasan kepada anak muda dalam berekspresi melalui konten yang diunggah di media sosial.

Nah, untuk lebih mengenal Oppo A91 yang telah diluncurkan di Indonesia, tim Telset.id akan melakukan hands-on atau review singkat soal smartphone ini.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Seperti biasa, kami akan membahas soal desain, spesifikasi, sampai fitur terbaru yang dihadirkan pada perangkat ini. Check this out!

Desain

Oppo A91 Indonesia

Oppo A91 bisa dibilang punya konsep desain yang mirip-mirip dengan Oppo Reno3 yang beredar di Indonesia. Maklum saja, kedua smartphone ini dihadirkan dalam waktu yang cukup berdekatan.

A91 mengusung layar dengan adanya notch waterdrop di bagian atas sebagai tempat bagi kamera depan. Layarnya, berukuran 6,4 inci berjenis AMOLED dengan resolusi maksimal Full HD+ dan telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Tersematkan pula fitur in-display fingerprint di bagian dalamnya dengan respon yang cepat untuk membuka kunci layar. Layar dengan bentangan luas nan memanjang ini dikelilingi oleh bezel yang cukup tipis di tiap sisinya.

Alhasil, perpaduan layar AMOLED, resolusi tinggi, serta ukuran layar yang besar, mampu memaksimalkan pengalaman pengguna ketika menikmati berbagai konten di smartphone, termasuk main game dengan grafis tinggi.

Oppo A91

Ke bagian belakang, Oppo A91 dikemas dengan body bernuansa glossy. Ada dua pilihan warna yang melapisi body smartphone tersebut, yakni Lightening Black dan Unicorn White.

{Baca juga: Hands-on Oppo Reno3: Tonjolkan Fitur AI dengan Kamera 108MP}

Kedua warna ini sama-sama menampilkan kesan premium pada smartphone, khususnya Lightening Black yang punya efek pantuan cahaya yang membuatnya terlihat lebih elegan dan lebih gagah.

Meski demikian, warna Unicorn White juga tetap bagus kok, karena memadukan berbagai warna menjadi satu kesatuan. Ditambah lagi, warna-warna ini terlihat menyatu berkat efek gradasi yang halus.

Di bagian bawah, terdapat jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB-C, serta speaker. Sedangkan di sisi kanan, terdapat tombol power. Dan, di sebelah kini, ada slot kartu SIM serta tombol volume.

Sebenarnya, yang kami suka dari desain smartphone ini justru bobot serta ketebalan dari Oppo A91. Bagaimana tidak, smartphone ini punya bobot 172 gram dengan tebal 7,9 mm saja.

Tentu saja, dengan bobot ringan serta body yang tipis, membuat Oppo A91 mudah dioperasikan menggunakan satu tangan, ringan saat dikantongi danpa menimbulkan tonjolan, dan sangat portabel.

Spesifikasi

Oppo A91 Indonesia

Hands-on Oppo A91 berlanjut ke sektor spesifikasi. Smartphone ini ditenagai oleh dapur pacu yang lumayan bertenaga. A91 menggunakan prosesor octa-core 2.1 GHz MediaTek Helio P70, RAM 8GB, storage 128GB, dan baterai berkapasitas 4,025 mAh dengan dukungan VOOC 3.0 20W, mirip Reno3.

Smartphone ini belum berjalan di ColorOS 7.1 berbasis Android 10. Tapi, Oppo menyuntikkan sistem operasi ColorOS 6.1.2 berbasis Android Pie pada A91.

Total, ada lima kamera pada smartphone tersebut. Satu kamera depan yang ditempatkan pada notch punya resolusi 16MP, dan empat kamera belakang yang disusun secara vertikal di sudut kiri atas body belakang.

Masing-masing konfigurasinya adalah, kamera utama 48MP dengan teknologi quad-bayer atau 4-in-1 piksel yang mampu menghasilkan gambar di resolusi 12MP dengan detail yang tajam dan komposisi warna yang bagus.

Kemudian, lensa ultrawide 8MP dengan jangkauan 119°, lensa monokrom 2MP, dan lensa makro 2MP dengan jarak maksimal 3 sampai 8cm.

{Baca juga: Reno3 dan Alasan Kenapa MediaTek Helio P90 Jadi Otaknya}

Tentu, Oppo menghadirkan sejumlah fitur unggulan pada sektor kamera. Salah satunya, adalah EIS atau Electronic Image Stabilization. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam video secara stabil, meski mereka sedang berjalan atau bahkan berlari.

Di Oppo A91, pabrikan asal China ini menyematkan teknologi bernama “All New AI Beautification”. Teknologi ini mencakup beragam fitur berbasis AI atau artificial intelligence.

Seperti AI Video Beautification misalnya, fitur ini membuat kamera depan dan belakang mampu menghasilkan foto atau video dengan kualitas warna yang bagus, natural, dan tidak memiliki tone yang berlebihan.

Ada pula fitur Night Portrait, Portrait HDR, Portrait Bokeh Effects, dan fitur kamera berbasis AI lainnya yang diberikan Oppo untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan fotografi maupun videografi. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here