Gorilla Glass Victus Mampu Tahan Banting Hingga 2 Meter

Telset.id, Jakarta – Corning kembali menghadirkan produk pelindung kaca terbarunya yang diberi nama Gorilla Glass Victus. Lapisan anti gores ini diklaim tahan banting hingga ketinggian 2 meter dan mampu menahan beban hingga 100 Kg.

Setelah enam seri dari Gorilla Glass, kini Corning kembali merilis Gorilla Glass versi terbaru yang mereka beri nama Gorilla Glass Victus.

Jika melihat penamaannya memang sedikit berbeda, karena tidak lagi hanya memakai nomor seri di belakangnya, yakni Gorilla Glass hingga yang terakhir seri Gorilla Glass 6.

{Baca juga: Oppo yang Pertama Pakai Gorilla Glass 6}

Corning tidak memberi nama produk anyarnya ini sebagai Gorilla Glass 7, melainkan diberi nama Gorilla Glass Victus. Lantas, apa istimewanya?

Corning mengklaim kalau lapisan kaca pelindung terbarunya ini sangat kuat, dan bahkan mampu bertahan saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter.

Terbukti saat diuji dalam drop test dengan ketinggian tersebut, Gorilla Glass Victus mampu bertahan tanpa mengalami goresan dan retakan sedikit pun.

Material kaca pada umumnya akan hancur berkeping-keping saat dijatuhkan dengan ketinggian 0,8 meter. Sementara untuk produk Gorilla Glass 5, memiliki peluang sebesar 80% untuk bertahan saat dijatuhkan dengan ketinggian sekitar 1,6 meter.

Lalu untuk generasi Gorilla Glass 6 yang sudah digunakan smartphone terkini, juga mampu bertahan dengan ketinggian yang sama. Tapi istimewanya, mampu bertahan dengan benturan ke material yang lebih kasar.

Gorilla Glass Victus tentunya juga lebih tahan akan goresan. Hal ini sudah dibuktikan dalam pengujian Knoop (pengujian ketahanan goresan menggunakan berlian).

Saat dilakukan test, material kaca ini baru tergores kecil saat diberi tekanan sebesar 8 Newton. Sementara material kaca pada umumnya telah mengalami goresan yang parah.

Sementara untuk tekanan pada benda berat, kaca ini sanggup bertahan untuk ditimpa beban dengan bobot hingga lebih dari 100 Kg.

Ketangguhan Victus ini jauh berbeda dibandingkan material kaca biasa, yang akan pecah saat diberi beban sekitar 15 Kg.

Tentunya kaca Gorilla Glass Victus akan menjadi pelindung layar yang tepat pada produk-produk smartphone flagship. Samsung dikabarkan bakal menjadi yang pertama mengadopsi teknologi pelindung layar Gorilla Glass Victus.

Sayangnya, Corning belum memberikan detail pasti, kapan produk ini akan tersedia di pada smartphone di pasaran. Kemungkinan produk yang menggunakan Gorilla Glass Victus baru akan tersedia di pasaran tahun depan.

Selain ketahanan pada benturan dan goresan, industri smartphone saat ini juga membutuhkan pelindung layar yang memiliki fleksibilitas tinggi. Tentunya karena tren smartphone dengan layar lipat saat ini semakin berkembang pesat.

{Baca juga: Samsung dan Corning Bikin Pelindung Layar Smartphone Lipat}

Samsung sebagai salah satu produsen yang menghadirkan produk ponsel layar lipat telah memiliki inovasi Ultra Thin Glass (UTG) sebagai material pelindung layar pada ponsel dengan layar lipat. Akan tetapi durabilitasnya masih disangsikan.

Diketahui beberapa perangkat Samsung Galaxy Z Flip yang telah dibekali inovasi pelindung layar tersebut, masih sangat rentan mengalami kerusakan.

Corning sendiri juga dikabarkan tengah menggarap kaca pelindung khusus untuk perangkat layar lipat bersama Samsung.

Tentunya akan sangat menarik jika Corning juga menghadirkan teknologi pelindung layar yang dapat diaplikasikan pada smartphone-smartphone layar lipat saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0