Google: Tahun Depan, Smartphone Wajib Pakai Android 10

Telset.id, Jakarta – Google memberlakukan aturan baru untuk seluruh smartphone Android yang rilis tahun depan. Aturan itu mewajibkan brand smartphone untuk menggunakan Android 10 di produk terbarunya, agar mendapatkan izin menggunakan layanan Google Mobile Services (GMS).

Mengutip dari XDA Developer, Rabu (09/10/2019), melalui dokumen yang dirilis Google, raksasa pencarian tersebut mewajibkan vendor untuk menyediakan sistem operasi berbasis Android 10 bagi setiap smartphone yang diluncurkan setelah tanggal 31 Januari 2020.

Jika aturan itu tidak dilaksanakan, Google tidak akan memberikan izin OEM untuk menggunakan GMS di smartphone terbaru mereka.

{Baca juga: Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di Android}

Sekadar informasi, GMS pada dasarnya adalah paket aplikasi Google, termasuk Google Play Store dan layanan Google lainnya. Sebelum menyematkan GMS ke smartphone, vendor harus mengajukan proposal persetujuan terlebih dahulu ke Google.

Salah satu smartphone terbaru yang dilarang menggunakan GMS adalah Huawei Mate 30 Series, akibat embargo Huawei yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Dalam dokumen juga disebutkan, Google akan berhenti menyetujui perangkat baru yang menjalankan Android Pie setelah 31 Januari 2020.

{Baca juga: Fotografer Ini Tunjukan Betapa Kesepiannya Manusia karena Smartphone}

Namun, bukan berarti Google akan mematikan Android Pie setelah bulan Januari berakhir. Google tetap menyediakan dukungan berupa pembaruan OS untuk Android Pie, hingga mereka merilis Android 11 pada Agustus 2020 mendatang.

Dengan aturan Google ini, bisa dipastikan smartphone terbaru yang diluncurkan nanti akan berjalan di OS berbasis Android 10. Aturan ini juga diprediksi mampu meningkatkan persentase penggunaan OS Android terbaru yang terkesan lambat. (FHP)

Sumber: XDA Developer

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0