Fotografer Ini Tunjukan Betapa Kesepiannya Manusia karena Smartphone

Telset.id,Jakarta – Seorang fotografer ingin menunjukan seberapa kesepian manusia saat ini, melalui karya fotonya. Dalam karya fotonya, dia menghapus gambar smartphone di setiap foto momen interaksi manusia yang ia potret.

Dalam fotonya, ada banyak gambar yang menunjukkan momen intim manusia yang seharusnya menjadi momen untuk saling berinteraksi, namun hilang karena keberadaan smartphone.

Baca juga: Gara-gara Smartphone, Mata Anak ini Harus Dioperasi

Memang benar, saat ini teknologi memungkinkan manusia berkomunikasi atau berhubungan dengan orang di mana saja, di seluruh belahan dunia hanya dengan beberapa ketukan di layar ponsel.

Namun, apakah karena kemampuan itu, justru menyebabkan manusia kini mengabaikan orang-orang di dekat mereka. Bahkan orang-orang yang mereka sayangi di depan mereka.

Dalam serangkaian potret yang mengharukan, fotografer asal Amerika Serikat, Eric Pickersgill menjadikan karyanya sebagai cerminan masyarakat saat ini, yang terobsesi dengan teknologi, dan mengungkapkan kesepian yang ada di dalamnya.

Banyak gambar menunjukkan momen intim di mana kesempatan untuk berinteraksi hilang karena subjek foto dalam hal ini manusia, tampak asyik dengan perangkat mereka.

Pickersgill, sengaja menghapus gambar perangkat dari fotonya, untuk menambah kekosongan situasi.

“Bergabungnya orang ke perangkat sangat cepat dan tidak dapat diubah.
Terlepas dari manfaat nyata dari kemajuan teknologi l berkontribusi pada masyarakat, dampak sosial dan fisik perlahan-lahan mulai terlihat,” kata Pickersgill.

Perangkat pribadi mengubah perilaku dan secara bersamaan menyatu dengan lanskap dengan mengambil bentuk sebagai satu dengan tubuh.

Dia menggambarkan smartphone sebagai “phantom limb” yang sering digunakan untuk menandakan kesibukan dan ketidakpedulian dengan orang asing.

Baca juga: Kecanduan Smartphone, Anak Ini Kena Rabun Jauh Parah

Namun, ada juga kekuatan candu yang mendorong orang untuk membagi perhatian antara mereka yang secara fisik bersama dan mereka yang tidak.

“Foto-foto tersebut mewakili wujud adegan yang saya alami setiap hari,” tambah Pickersgill.

Anda dapat melihat karya foto Eric Pickersgill di sini.

Sumber :

mirror

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Telkomsel Ikut Ramaikan Konser Head in The Clouds

Telset.id, Jakarta – Musisi bertaraf internasional seperti Rich Brian, NIKI, Stephanie Poetri, hingga Joji akan menyapa para penggemarnya di...

Waduh! Link Group WhatsApp Muncul di Pencarian Google

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda pengguna WhatsApp kini harus berhati-hati mengundang orang ke Group WhatsApp dengan membagikan link. Pasalnya,...

Wakil Indonesia Jadi Runner Up di Imagine Cup Asia 2020

Telset.id, Jakarta - Tim Tulibot asal Indonesia berhasil meraih posisi runner-up di ajang Imagine Cup Asia 2020. Pencapaian ini...

Siap Manjakan Gamers, Segini Harga Asus ROG Theta 7.1

Telset.id, Jakarta - Melengkapi jajaran aksesoris gamingnya, Asus resmi mengumumkan kehadiran headset gaming berjuluk ROG Theta 7.1. Dijejali banyak...

Review Samsung Galaxy A71: Ada Harga, Ada Performa!

Telset.id, Jakarta - Samsung membuka tahun 2020 dengan meluncurkan Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A51. Kedua smartphone ini cukup...
- Advertisement -