Google Maps di Smartwatch Wear OS Tak Berfungsi, Kok Bisa?

Wear OS

Telset.id, Jakarta – Pelan tapi pasti, Google memperbaiki platform Wear OS dalam beberapa bulan terakhir. Namun, permasalahan justru muncul. Beberapa minggu terakhir, sebagian pengguna mengeluhkan fitur Google Maps yang tidak berfungsi di sistem operasi khusus perangkat wearable tersebut.

Dilansir GSMArena, sejumlah pengguna mengeluh tidak bisa memanfaatkan Maps di smartwatch Wear OS mereka. Pengguna hanya melihat layar polos berwarna putih dengan antarmuka Maps yang masih tampak.

Namun, Maps dilaporkan tidak mengalami permasalahan di Huawei Watch 2. Lain hal, smartwatch seperti TicWatch Pro, TicWatch S2, Fossil Q Explorist HR, Skagen Falster 2, Tag Heuer, serta Misfit mengalami problem itu.

{Baca juga: Smartwatch LV Tambour Horizon Gunakan Snapdragon Wear 3100}

Bahkan, sampai sekarang belum diketahui penyebab bug tersebut. Para pengguna mengaku mencoba memperbaikinya dengan cara membersihkan data aplikasi dampai mencopot serta memasangnya kembali di perangkat.

Akhir pekan lalu, A Mobovi Forums Admin menyebut bahwa permasalahan itu terjadi di versi terbaru aplikasi navigasi Google itu, yakni Google Maps v10.13.3. Sejumlah pengguna mengaku berhasil menggunakan aplikasi seperti biasa setelah kembali ke versi lama.

{Baca juga: Butuh 6 Tahun untuk Google “Tiru” Fitur Waze Ini}

Untuk melakukannya, pengguna perlu mencopot pembaruan aplikasi dan download versi 10.12.1 dari APK Mirror. Pada 13 April 2019, ahli produk Wear OS telah menyampaikan permasalahan tersebut kepada Google.

Sebelumnya, Google Maps telah menawarkan fitur berupa laporan lalu lintas. Gunanya untuk membantu pengguna menghindari kemacetan. Google juga menghadirkan fitur baru untuk kenyamanan pengguna kereta api. (SN/FHP)

Sumber: GSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here