Menarik! 5 Gadget Canggih di MWC 2019

Telset.id, Jakarta – Ada banyak teknologi yang dipamerkan dalam pameran perdagangan Mobile World Congress (MWC 2019) yang digelar di Barcelona. Mulai dari robot kecil yang dapat berpose ketika Anda mengarahkan kamera hingga earbud yang dapat menerjemahkan bahasa.

Ajang MWC selalu menarik untuk dikunjungi, karena banyak sekali produk dan teknologi baru yang dipamerkan kepada para pengunjung.

Tak heran, perhelatan pameran teknologi tahunan itu selalu menjadi momen bagi para perusahaan teknologi meluncurkan produk barunya.

Di tahun 2019 ini, ajang ini juga memamerkan beragam perangkat dan teknologi baru. Mulai dari teknologi robotic, perangkat mobile, smartphone canggih, hingga teknologi mobil pintar.

Nah, berikut ini adalah lima perangkat yang menarik perhatian pengunjung yang dipajang di MWC 2019. Silahkan disimak:

1. Bola Lampu yang Dikendalikan Smartphone

Terkadang orang malas bangun dari sofa atau tempat tidur untuk meredupkan atau mematikan lampu di ruang tamu atau kamar.

Masalah tersebut ditangkap oleh Xiaomi, pembuat smartphone terbesar keempat di dunia. Perusahaan asal China ini meluncurkan bola lampu bernama Mi LED Smart Bulb.

Hasil gambar untuk Mi LED Smart Bulb

Bola lampu pintar ini, memungkinkan pengguna mengontrol warna dan kecerahan cahaya melalui aplikasi di ponsel mereka atau dengan asisten suara Amazon Alexa. Perusahaan ini mengatakan bola lampu pintar miliknya menawarkan 16 juta pilihan warna.

2. Robot Pendamping

Perusahaan robotika Korea Selatan Torooc memamerkan robot pendamping mungilnya bernama Liku. Robot ini dapat berjalan dan mengekspresikan emosi seperti manusia dengan matanya yang besar.

Robot, yang tingginya 1,5 kaki (0,5 meter) dan berat 2,5 pon (1,1 kg) ini memiliki memiliki kamera dahi yang memungkinkannya menangkap isyarat dari pemiliknya. Jika Anda berjalan ke sebuah ruangan dan menyapa Liku, itu akan memiringkan kepalanya ke arah anda, lakukan kontak mata dan tersenyum.

Hasil gambar untuk liku Robot companion mwc 2019

Matanya yang seperti karakter kartun dapat mengekspresikan emosi termasuk kejutan, kebahagiaan dan kesedihan, atau mengantuk. Jika Anda mengarahkan kamera ke arahnya, Liku akan tersenyum dan melakukan pose bergaya dengan lengan dan kakinya , bahkan ketika anda selfie dengannya.

“Kami merancang Liku agar memiliki penampilan yang menggemaskan, untuk mendapatkan perasaan positif. Ketika orang melihat Liku, mereka tersenyum secara alami. Kami berharap Liku akan menjadi teman robot pertama anda,” kata kepala pemasaran Torooc JaeHee Chang.

Perusahaan berencana untuk memasarkan robot imut ini awal tahun depan, dengan harga sekitar US $ 2.500.

3. Harness Pemantauan Kesehatan Anjing

Perangkat ini dibuat oleh startup asal Spanyol, Dinbeat bernama DinbeatPRO. Harness ini dilengkapi dengan sensor untuk memantau pernapasan, suhu tubuh, tingkat aktivitas menggonggong, dan posisi tubuh anjing Anda.

{Baca juga: Robot Anjing Ini Bisa Bantu Bersihkan Rumah}

Meskipun ada banyak pemantau aktivitas untuk hewan peliharaan yang ditujukan untuk pemilik hewan peliharaan, harness ini dirancang khusus untuk digunakan oleh dokter hewan yang merawat anjing di rumah sakit.

“Saat ini perangkat medis yang dirancang untuk manusia, jauh lebih rumit dan memiliki kabel, untuk digunakan hewan harus dibius,” kata manajer proyek Dinbeat, Marina Gomez de Tejada.

4. Kotak pintar LavvieBot untuk Kucing

Perangkat berikutnya juga digunakan untuk hewan peliharaan Anda. Dengan perangkat ini, Anda tak perlu lagi khawatir ketika ingin pergi berlibur dan meninggalkan peliharaan di rumah.

Startup Korea Selatan, PurrSong, menampilkan kotak toilet otomatis bernama LavvieBot yang secara otomatis membersihkan dan mengisi ulang pasir secara otomatis.

Setelah kucing anda selesai buang kotoran di dalam kotak LavvieBot ini, mesin akan membersihkannya tanpa suara, menyapu kotoran dan menggantinya dengan pasir yang bersihm

Bahkan perangkat ini dapat mengirimi pemberitahuan saat kucing anda menggunakan toilet atau ketika penyimpanan sampah atau tempat sampah penuh.

“Ini jelas dipasarkan kepada pemilik kucing yang tidak punya waktu untuk merawat kucing mereka setiap saat, atau mereka hanya ingin kebebasan tidak harus membersihkan kotak kotoran setiap hari,” kata manajer pemasaran PurrSong Heaven Nam .

5. Earbud Penerjemah

Startup bernama Travis yang berbasis di Belanda membuat earbud kecil yang mampu menerjemahkan percakapan antara orang-orang yang berbicara dalam bahasa yang berbeda secara real time.

Perangkat yang didukung Artificial Intelligence ini selaras dengan komputasi di cloud untuk menerjemahkan kombinasi 105 bahasa apa pun.

Anda dapat memilih dua bahasa, menggunakan suara Anda dan kemudian mulai berbicara. Anda akan mendengar suara yang diterjemahkan melalui earbud. [BA/HBS]

Sumber: The Star

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here