Waduh! Format Gambar iPhone Bikin Siswa Gagal Ujian

Layar 120Hz iPhone 12

Telset.id, Jakarta  – iPhone dibekali banyak fitur canggih untuk memudahkan pengguna. Namun ternyata tidak semua fitur “bermanfaat”. Dikabarkan, format gambar iPhone telah membuat beberapa siswa gagal ujian. Kok bisa?

Penyebabnya, menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Jumat (22/5/2020), file gambar iPhone milik para siswa tidak dikenali oleh sistem.

{Baca juga: Duh! Jutaan Siswa Ujian Ulang karena Soal Bocor di WhatsApp}

Perlu diketahui bahwa perusahaan seperti Apple telah memperkenalkan format file HEIC. HEIC adalah format file yang membuat ukuran foto lebih kecil dibanding format yang lebih tradisional seperti JPG.

Dengan membuat file lebih kecil, pengguna memungkinkan untuk menyimpan banyak foto di iPhone. Sayangnya, bagi siswa ujian secara online, file gambar yang terdapat di iPhone tidak dikenali oleh sistem.

Akibatnya, beberapa siswa gagal menjalani ujian sehingga harus mengulang. Namun demikian, tidak dilaporkan berapa siswa yang gagal mengikuti ujian. Pihak sekolah pun menutup rapat identitas nama dan lokasi.

Sekadar informasi, bagian dari ujian online termasuk komponen tertulis. Siswa perlu menuliskan jawaban, mengambil foto, dan mengunggahnya ke situs. Format file yang didukung meliputi JPG, JPEG, dan PNG.

Namun, beberapa siswa yang menggunakan iPhone dan menyimpan foto dengan format HEIC secara default mengalami masalah. Mereka benar-benar kesulitan manakala akan mengunggah foto ke situs dari iPhone.

Dewan Perguruan Tinggi coba memberi solusi. Jika ada kegagalan dalam pengiriman, siswa akan menerima pemberitahuan dan diminta untuk mengirim jawaban melalui email sehingga file HEIC terkonversi ke JPEG.

Seperti diketahui, iPhone banyak disukai karena banyak menawarkan fitur-fitur canggih. Apple sendiri kabarnya juga akan menghadirkan fitur-fitur baru di iPhone generasi mendatang.

Salah satu fitur yang akan dihadirkan Apple adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk edit pesan typo di iPhone.

Sejauh ini, sebagian besar platform baru menyediakan kemampuan untuk membatalkan pengiriman pesan jika terjadi salah ketik atau typo. Namun, Apple memberi yang lain untuk edit pesan typo di iPhone.

{Baca juga: Pengguna iPhone akan Bisa Edit Pesan Typo}

Berdasarkan paten yang bocor, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (4/5/2020), Apple sedang mempersiapkan fitur yang mengizinkan pengguna untuk mengedit pesan yang dikirim. Jika benar, Apple merupakan yang pertama melakukannya.

Selama ini, memang ada platform seperti Discord dan Slack yang memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan yang dikirim. Namun, dua platform itu menggunakan server terpusat yang berarti pengeditan dapat secara cepat terlihat dan diterapkan. [SN/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here