Fitur Kamera Galaxy S22 Ultra untuk Ciptakan Video Sinematik Terbaik

Telset.id – Samsung Galaxy S22 Ultra 5G menjadi model dengan spesifikasi paling tinggi ketimbang dua saudaranya. Berbagai kelebihan kelas flagship ditawarkan oleh Samsung Galaxy S22 Ultra, tak terkecuali fitur kamera untuk merekam video sinematik berkualitas tinggi.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G mengusung kamera utama dengan sensor 108MP ISOCELL HM3 yang dilengkapi OIS atau optical image stabilization. Dipadukan dengan kamera ultrawide 12MP, kamera telephoto 10MP dengan OIS yang punya perbesaran 3x, serta kamera periskop 10MP dengan OIS yang punya perbesaran sampai 10x.

Sementara kamera depan juga sama, yakni 40MP yang memberikan dua mode pengambilan gambar, yakni normal dan wide.

Secara hardware, memang konfigurasi kamera Samsung Galaxy S22 Ultra masih sama dengan Samsung Galaxy S21 Ultra. Perbedaannya justru terletak pada chip ISP atau image signal processor Qualcomm Spectra generasi terbaru yang membuat tangkapan foto dan video dari Samsung Galaxy S22 Ultra jauh lebih baik.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S22 Ultra

Qualcomm Spectra terbaru pada prosesor Snapdragon 8 Gen 1 didukung oleh teknologi Snapdragon Sight sekaligus menjadi ISP 18-bit pertama dari Qualcomm. Teknologi ini memungkinkan kamera merekam gambar dengan detail menakjubkan dengan cakupan warna lebih dari 1 miliar warna pada pengambilan video HDR 8K.

Suguhkan Fitur Video Berlimpah

Review Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G sudah berjalan di sistem operasi One UI 4 berbasis Android 12 yang baru. OS yang baru ini tak hanya memberikan dampak pada kinerja ponsel saja, tapi juga menghadirkan ragam fitur baru untuk menunjang produktivitas dan kreativitas pengguna.

Kamera untuk video saja. Kini pengguna diberikan ikon yang memungkinkan mereka untuk langsung mengubah resolusi dan mode frame rate dari video yang diambil. Tersedia juga ikon untuk mengaktifkan mode Super Steady yang memadukan OIS dan EIS (electronic image stabilization).

Selain itu, terdapat fitur baru lainnya yang memudahkan pengguna untuk merekam video bermutu tinggi kapanpun dan di manapun. Satu di antaranya adalah Auto FPS.

Melalui fitur ini, sistem kamera akan menyesuaikan frame rate video secara otomatis tergantung intensitas cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera. Secara default, video akan direkam pada kecepatan 60 FPS apabila cahaya yang diterima terbilang terang.

Namun saat malam atau temaram, frame rate bisa diturunkan hingga 15 FPS agar sensor dapat menangkap lebih banyak cahaya dan membuat video terlihat lebih bagus dan bisa dinikmati.

Menariknya, sistem AI pada kamera Samsung akan mensintesis frame bagian tengah untuk mengisi celah dari video 15 FPS agar terlihat mulus, kemudian menayangkan ke penonton pada kecepatan 24 FPS.

Auto FPS merupakan bagian dari Nightography Video yang digaungkan oleh Samsung. Asal tahu saja, selain foto malam hari yang lebih jernih, kelebihan kamera lainnya dari Samsung Galaxy S22 Ultra 5G adalah Nightography Video.

Baca juga: Kelebihan Kamera Samsung Galaxy S22 dan S22+

Teknologi ini memadukan stabilisasi kamera dan fitur Auto FPS untuk menjamin pengguna agar dapat merekam video yang terang, warna yang kaya, serta detail yang tinggi, meski diambil dalam kondisi low light.

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G sendiri memiliki OIS yang dapat mengoreksi sudut 58% lebih lebar ketimbang Samsung Galaxy S21 Ultra. Sementara untuk EIS, HP terbaru Samsung ini menggunakan frekuensi pengambilan sampe gerakan 4 kali lebih tinggi demi memaksimalkan potensi AI untuk menstabilkan gambar.

Tak hanya Auto FPS saja, ada segudang fitur lainnya yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. Berikut informasi selengkapnya:

1. Pro Video Mode

Pro Video Samsung Galaxy S22 Ultra
Pro Video Samsung Galaxy S22 Ultra

Mode auto yang disediakan pada sistem kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memang menghasilkan foto atau video yang menakjubkan. Tapi kalau Anda ingin mengambil beberapa konten mutu terbaik, Anda bisa menjajal fitur Pro Mode dan Pro Video Mode.

Mode profesional ini memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar atau video yang bagus, sambil menyesuaikan berbagai opsi pengambilan gambar secara manual, seperti eksposur, ISO, dan sebagainya.

Untuk masuk ke mode ini, pilih opsi More di bagian terkanan aplikasi kamera. Kemudian pilih Pro untuk memotret atau Pro Video untuk merekam.

lewat mode ini, pengguna dapat menyesuaikan ISO untuk intensitas cahaya pada saat pengambilan gambar, shutter speed, nilai eksposur atau EV, white balance, hingga fokus mikrofon dan kecepatan perbesaran gambar.

Pro Video Mode bisa Anda manfaatkan untuk mengambil video sinematik berkualitas terbaik. Untuk menampilkan efek sinematik yang apik, Anda bisa “bermain” ISO, eksposur, dan bermain zooming yang smooth lewat fitur satu ini.

Baca juga: Samsung Galaxy S22 dan S22+ Cocok untuk Gen Z

2. Super Steady

Review Samsung Galaxy S22 Ultra

Video sinematik erat kaitannya dengan stabilisasi gambar. Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra memang sudah stabil berkat dukungan OIS. Namun, Samsung memberikan opsi lainnya untuk membantu pengguna dapat merekam video ultra stabil seperti menggunakan aksesoris gimbal.

Bernama Super Steady, fitur ini memadukan hardware (OIS) dan software (EIS).  Kombinasi ini menghasilkan rekaman yang mulus, bahkan saat pengguna berjalan cepat saat melakukan pengambilan gambar.

Dengan mode tersebut, pengguna dimungkinkan untuk mengabadikan momen ultra stabil di resolusi Full HD pada 60 FPS atau 30 FPS. Untuk mengaktifkan fitur Super Steady, masuk ke mode Video dan tekan logo bergambar tangan di bagian atas.

Baca juga: 5 Fitur Canggih di Samsung Galaxy S22 Series

3. Portrait Video

Review Samsung Galaxy S22 Ultra

Agar video sinematik lebih dramatis, Anda pun bisa mencoba fitur Portrait Video. Sama halnya, Anda bisa menemukan fitur ini melalui opsi More di bagian aplikasi kamera.

Portrait Video membuat Anda dapat merekam dengan bantuan empat efek bokeh yang menarik. Di antaranya seperti Big Circle yang memberikan efek blur yang buram di bagian latar belakang, Color Point yang memberikan efek monokrom di belakang sementara subjek utama diberikan warna yang lebih vivid.

Ada yang menarik, efek Glitch. Lewat efek ini, Anda dapat merekam video dengan gaya ala game Cyberpunk 2077 di bagian belakang. Efek ini didominasi warna ungu dan putih di bagian belakangnya, sementara subjek utama tetap dipertahankan warna aslinya.

Samsung Galaxy S22 Ultra sudah tersedia di Indonesia dengan harga mulai Rp 17,9 jutaan untuk model 12/128 GB, Rp 18,9 jutaan untuk varian 12/256 GB, dan Rp 20,9 jutaan untuk versi 12/512 GB. Smartphone ini tersedia dalam warna Phantom Black, Phantom White, Green, dan Burgundy. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0