6 Fitur iOS 16 yang Akan Bawa Perubahan di iPhone

Telset.id, Jakarta – Fitur iOS 16 di iPhone mungkin menjadi satu hal yang membuat para Apple Fanboy penasaran. Tepatnya sebelum perusahaan asal Cupertino itu benar-benar menggelar WWDC 2022 pada 6-10 Juni 2022 mendatang.

Untuk diketahui, pembaruan sistem operasi iPhone seharusnya tidak sekadar membuat beberapa penyesuaian di sana-sini. Pengguna mengharapkan beberapa perubahan signifikan.

Menurut rumor menjelang WWDC 2022, iOS 16 hampir sama dengan iOS 15. Namun, beberapa tambahan besar bakal hadir di iPhone ketika versi lengkap iOS 16 dirilis.

Baca juga: Pengiriman Smartwatch Apple Terbanyak, Xiaomi dan Fitbit Turun

Semua fitur iOS 16 memang baru akan terkuak pada hari pertama WWDC 2022, Senin (6/6/2022). Tapi, Tom’s Guide memberi Apple Fanboy gambaran mengenai fitur apa saja yang akan dihadirkan iOS 16 di iPhone.

1. Perubahan Lock Screen

Lock Screen atau layar kunci iPhone cukup sederhana, yakni hanya menampilkan waktu dan tanggal serta pemberitahuan. Anda bisa ubah wallpaper untuk layar kunci iPhone. Caranya, pilih di antara opsi yang tersedia atau satu foto diri.

Namun, di iOS 16 hal itu bakal berubah. Layar kunci punya wallpaper baru berkemampuan seperti widget.

Dua tahun lalu, Apple menambahkan kemampuan untuk menempatkan widget di layar beranda iPhone berupa info sekilas seperti kondisi cuaca dan kontrol pemutaran musik.

Agaknya, widget layar kunci di iOS 16 akan menawarkan fungsi serupa sehingga membuat pengguna tidak perlu membuka kunci iPhone untuk mengakses info-info yang relevan.

Perubahan layar kunci pun akan menambahkan dukungan untuk kemampuan tampilan selalu aktif, seperti halnya yang ada di perangkat-perangkat bersistem operasi Android.

2. Peningkatan Notifikasi

Penyesuaian notifikasi tampaknya menjadi tradisi tahunan setiap pembaruan iOS. Notifikasi di iOS 16 kemungkinan berupa hapus email, tandai hal-hal telah dibaca, dan sejenisnya.

Apple juga akan meningkatkan cara mengelompokkan notifikasi dan cara Anda menghapusnya. Masih banyak lagi peningkatan notifikasi di versi baru perangkat lunak iPhone.

3. Kemampuan Pelacakan Kesehatan

Mark Gurman dari Bloomberg memperkirakan, sejumlah fitur baru di iOS 16 termasuk aplikasi kesehatan yang kemungkinan berintegrasi dengan kemampuan di Apple Watch.

Selain iOS 16, Apple kemungkinan akan menghadirkan pratinjau watchOS 9 di WWDC 2022. Artinya, sejumlah perangkat Apple bakal bisa saling melacak statistik kesehatan dan olahraga.

4. Pembaruan iMessages

Masih menurut Gurman, ada isyarat bahwa iMessages di iPhone akan menambahkan kemampuan seputar pesan audio, mencerminkan fitur yang ada di aplikasi jejaring sosial.

Baca juga: Selain iOS 16, Ini Produk Baru yang Diumumkan Apple di WWDC 2022

Anda sudah dapat merekam pesan audio iMessages dan mengirimkannya ke penerima di versi iOS saat ini. Fitur itu mungkin akan memperoleh peningkatan kemampuan di iOS 16.

5. Fitur AR/VR

Apple mengembangkan headset AR/VR Apple bersamaan realityOS untuk berjalan di perangkat. Apple berencana untuk menghadirkan aplikasi ramah AR, termasuk di iOS 16.

6. Aplikasi Baru

Gurman menyebut, aplikasi baru Apple kemungkinan akan datang ke versi final iOS 16. Satu di antaranya aplikasi khusus untuk mengelola langganan serta pengatur resep.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0