IQOO Umumkan Super FlashCharge 120W, Ini Detail Teknisnya

Super FlashCharge 120W IQOO

Telset.id – Teknologi Super FlashCharge 120W yang digarap oleh IQOO, sub-brand Vivo ini menggunakan teknolgo pengisian dua jalur seperti yang sebelumnya digunakan pada beberapa smartphone Vivo. Salah satunya yang terakhir adalah Vivo V19.

Dengan teknologi pengisian dua jalur ini, tentunya juga akan membagi kapasitas daya baterai pada smartphone menjadi dua.

Pada demonstrasi yang dilakukan untuk teknologi pengisian cepat 120W ini, IQOO menggunakan ponsel dengan baterai 4000mAh.

IQOO 120W

Artinya didalamnya terdapat dua buah baterai berkapasitas 2000mAh. Sedangkan untuk output daya dari adaptor charger 120W tersebut, IQOO menggunakan dua buah jalur output dengan masing-masing daya yang dikeluarkan yaitu 5A 12V.

{Baca juga: Gokil! Oppo akan Umumkan Teknologi Fast Charging 125W}

Sehingga dari setiap jalur pengisian akan memiliki daya sebesar 60W. Yang jika dikombinasikan akan menghasilkan pengisian daya sebesar 120W tersebut.

Pada pengujian yang dilakukan oleh IQOO saat mendemonstrasikan teknologi tersebut, terbulti bahwa waktu pengisian yang didapatkan sangatlah cepat.

IQOO 120W

Yaitu hanya sekitar 15 menit untuk mengisi baterai ponsel dari kondisi 0% hingga 100%. Sedangkan untuk pengisian daya selama 5 menit saja, smartphone dapat diisi hingga sekitar 50%.

Akan tetapi, ponsel yang akan mengimplementasikan teknologi ini juga tentunya membutuhkan sistem pendingin ekstra.

Karena semakin cepat pengisian daya pada smartphone tentunya juga akan meningkatkan suhu perangkat itu sendiri.

Untuk itu dibutuhakan lapisan grafit tambahan dan beberapa pendingin internal tambahan untuk menjaga suhu tetap stabil dan juga untuk melindungi motherboard dari overheat.

IQOO menyebutkan kalau teknologi ini akan hadir pada perangkat smartphone di bulan Agustus mendatang. Namun mereka belum menyebutkan smartphone apa yang akan menggunakan teknologi pengisian cepat 120W tersebut.

Tapi meningat IQOO adalah sub-brand VIVO yang lebih fokus ke segmen produk ponsel gaming, maka kemungkinan teknologi ini akan diterapkan pada smartphone gaming terbaru dari IQOO.

Pengisian Cepat 120W, Bukan Cuma VIVO-IQOO

Teknologi pengisian cepat dengan output diatas 100W ini tidak hanya digarap oleh brand VIVO dan IQOO. Kompetitornya di industri smartphone seperti OPPO, Realme dan Xiaomi juga berlomba-lomba menghadirkan pengisian cepat dengan output paling besar.

Xiaomi dikabarkan tengah menggarap teknologi pengisian cepat 120W yang disebut sebagai Super Charge Turbo. Xiaomi sempat memamerkan teknologi tersebut melalui video singkat di YouTube.

{Baca juga: Edan! Xiaomi Bikin Charger dengan Fast Charging 120W}

Akan tetapi tidak seperti VIVO yang menggunakan sistem dual fast charging, adaptor Super Charge Turbo buatan Xiaomi menggunakan single output dengan konfigurasi 20W/6A.

Begitu pula OPPO, yang akan memamerkan teknologi pengisian cepat pada tanggal 15 Juli 2020. Bahkan pengisian cepat yang ditawarkan oleh OPPO lebih tinggi dibandingkan apa yang dipamerkan oleh IQOO.

Oppo akan menjadi produsen teknologi pertama yang menghadirkan pengisian daya super cepat 125W. Meskipun OPPO juga belum membeberkan secara detail bagaimana teknologi tersebut bekerja. [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here