Duh! Baterai iPhone X Hanya Bertahan 18 Bulan

Telset.id, Jakarta –  Apple nampaknya sedang banyak bermasalah dengan baterai iPhone. Contohnya saja, mereka ‘dengan terpaksa’ menurunkan performa iPhone lawas agar baterai yang terdapat di perangkat tersebut tidak menimbulkan masalah bagi penggunanya.

Memang, perusahaan asal Cupertino tersebut sudah memperbaiki masalah ini di pembaharuan iOS 12 terbaru. Namun, meski masalah ini telah selesai, kini giliran iPhone X dan iPhone 8 yang harus berurusan dengan baterai.

Seperti dilansir dari TechRepublic, kedua perangkat tersebut dikabarkan memiliki siklus pengisian daya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi iPhone sebelumnya. iPhone X dan iPhone 8 ternyata hanya memiliki siklus isi ulang 500 kali lebih cepat dari yang diperkirakan.

Padahal, pada saat acara peluncurannya, Apple mengklaim bahwa kedua perangkat ini dirancang untuk ‘mempertahankan kapasitas 80 persen dari aslinya pada 500 siklus pengisian daya’.

Namun nyatanya, Adrian Kingsley-Hughes dari ZDNet mengatakan bahwa perangkat iPhone 8 Plus miliknya, sudah mencapai 91 siklus pengisian penuh dalam waktu empat bulan saja.

Saat dilakukan perhitungan matematis dengan memasukkan data yang ada, maka pengguna akan mencapai 455 siklus pengisian setelah 20 bulan, jika mengabaikan penurunan kapasitas baterai. Jika hal tersebut dimasukkan dalam perhitungan, maka satu perangkat hanya bisa bertahan selama 18 bulan.

Padahal jika menilik pernyataan Apple, seharusnya baterai dari iPhone X dan iPhone 8 bisa bertahan hingga 36 bulan. Ini berarti, pengguna akan melihat perbedaan hingga 50 persen dari apa yang dijanjikan Apple.

“Jika Anda melakukan upgrade setiap tahun, ini tidak akan menjadi masalah, tapi jika Anda adalah tipe orang yang suka memakai iPhone selama beberapa tahun sebelum mendapatkan yang baru, ini adalah masalah yang perlu dipikirkan,” ujar Adrian.

Selain itu, Adrian juga memperingatkan para pengguna iPhone X dan iPhone 8 untuk lebih menjaga penggunaan perangkat mereka dalam kesehariannya.

“Anda juga perlu mengambil tindakan untuk meminimalkan penggunaan baterai di siang hari, atau merencanakan penggantian baterai telepon,” pungkas Adrian. [NC/HBS]

 

 

Previous articleWaspada, Akun Game Online Dibidik Hacker
Next articleOppo akan Rilis 3 Smartphone Baru, Apa Saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here