Home Gizmo Ditinggalkan Android, Bagaimana Nasib Huawei P30 Pro?

Ditinggalkan Android, Bagaimana Nasib Huawei P30 Pro?

Huawei P30 Pro

Telset.id, Jakarta Huawei terancam akan kehilangan dukungan dari sistem operasi Android, usai Alphabet selaku induk perusahaan Google memutuskan untuk tidak lagi bekerja sama dengan mereka. Lantas, bagaimana nasib smartphone Huawei seperti Huawei P30 dan Huawei P30 Pro?

Asal tahu saja, kedua smartphone flagship ini baru saja diluncurkan pada bulan Maret lalu. Smartphone flagship ini menyimpan banyak peningkatan apabila dibandingkan dengan pendahulunya, P20 Pro.

Dilaporkan Android Authority, seperti dikutip Telset.id pada Senin (20/05/2019), kasus ditinggalkannya Google oleh Huawei akan berdampak pada smartphone Huawei yang berjalan di Android.

{Baca juga: Setelah Google, Giliran Intel dan Qualcomm Musuhi Huawei}

“Huawei Technologies akan segera kehilangan akses ke pembaruan untuk sistem operasi Android, dan versi berikutnya dari smartphone di luar China juga akan kehilangan akses ke aplikasi dan layanan populer termasuk Google Play Store dan aplikasi Gmail,” catat Reuters.

Akan tetapi, raksasa pencarian ini mengatakan bahwa smartphone Huawei yang ada sekarang, termasuk Huawei P30 dan P30 Pro, masih tetap dapat menggunakan dan mengunduh pembaruan aplikasi yang disediakan oleh Google. Itu artinya, keputusan raksasa pencarian ini hanya berlaku bagi smartphone Huawei yang akan diluncurkan.

“Kami mematuhi perintah dan meninjau implikasinya. Untuk pengguna layanan kami, Google Play dan Google Play Protect akan terus berfungsi pada perangkat Huawei yang ada,” kata Google.

{Baca juga: Smartphone Huawei Terancam Tidak Didukung Android Lagi}

Kasus ini pun bisa jadi akan berdampak pada sub-brand Huawei, Honor yang sedang bersiap untuk meluncurkan Honor 20 di London, Inggris pada Selasa (21/05) waktu setempat.

Ditinggalkannya Huawei oleh Google ini menyusul keputusan Donald Trump yang menambahkan Huawei ke daftar hitam perdagangan. Keputusan ini membuat perusahaan asal China tersebut sangat sulit untuk melakukan bisnis dengan mitra asal Amerika. (NM/FHP)

Sumber: Android Authority

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version