Chipset Terbaru Qualcomm Bakal Tenagai Headset AR Google

Telset.id, Jakarta – Google dilaporkan sedang menggarap headset Augmented Reality (AR), dengan chipset terbaru dari Qualcomm di badannya. Headset tersebut dibuat oleh pakar komputer Taiwan, Quanta.

Menurut dokumen yang diperoleh  WinFuture, seperti dilansir The Verge, proyek headset AR Google baru masuk tahap awal. Headset ini kemungkinan memiliki konsep mirip HoloLens.

Tak cuma dari cara kerja, chipset yang bakal dipakai oleh headset AR Google juga sama persis dengan yang ada di HoloLens, besutan Microsoft. Chipset itu berbentuk empat inti Qualcomm QSC603.

Menurut informasi, headset AR Google juga akan dilengkapi kamera dan mikrofon. Headset tersebut menggunakan nama Google A65. Sayang, sampai kini belum terungkap tanggal rilis peranti.

Belakangan, produsen perangkat memang sedang berlomba menghadirkan headset AR. Beberapa hari lalu, Samsung dikabarkan sedang menggarap headset berteknologi AR/Virtual Reality (VR) nirkabel.

Dalam penggarapannya, Samsung bekerja sama dengan Microsoft. Dikutip dari Digital Trends, Samsung berencana memperkenalkan headset barunya itu pada gelaran IFA di Berlin, Jerman, Agustus 2018.

Tidak banyak yang bisa ditelusuri soal spesifikasi headset AR/VR besutan Samsung dan Microsoft. Namun, kabar menyebut, layarnya OLED dengan sensor dan prosesor buatan sendiri.

Lebih dulu dari Samsung, Apple juga dilaporkan sedang sibuk mengerjakan headset AR/VR yang kemungkinan bakal rilis pada 2020 mendatang. Konon, mode koneksinya supercanggih.

Headset AR/VR Apple tidak terhubung ke komputer maupun ponsel. Resolusinya pun dikabarkan hingga 8.000 piksel di setiap sisi mata pengguna dan kotak khusus untuk media penghubung.

Untuk urusan koneksi, informasi menyebut headset buatan Apple akan berwujud 60GHz WiGig. CPU-nya sama persis dengan yang ada di komputer Mac masa depan. [SN/IF]

Source Link 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here