telset

Penjualan Laptop dan Tablet Meningkat Pesat di Tengah Pandemi

Telset.id, Jakarta – Canalys merilis laporan per kuartal untuk penjualan di pasar laptop dan tablet terbaru selama Q1-2021. Berdasarkan laporan tersebut, penjualan kedua perangkat itu meningkat cukup pesat di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Seperti dilansir dari GSMArena, Kamis (6/5/2021), Canalys melaporkan bahwa penjualan laptop dan tablet, terutama perangkat Chromebook terbaru meningkat hingga 275% dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Untuk Chromebook didominasi oleh beberapa brand seperti HP, Lenovo, dan Acer. Ketiganya menjadi brand laptop Chromebook terbaik yang paling diminati secara global.

{Baca Juga: Dihajar Pandemi Covid-19, Penjualan Laptop dan Tablet Meroket}

Canalys juga melaporkan, penjualan laptop mainstream juga turut meningkat tapi tidak sedrastis Chromebook. Untuk perangkat laptop, peningkatan yang terjadi sekitar 60% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Sementara itu, pasar tablet terbaru secara umum juga mengalami peningkatan yang stabil. Jika dibandingkan dengan Q1 tahun lalu, peningkatan penjualan tablet mencapai 51,8%.

penjualan laptop tablet Canalys
Laporan Canalys Q1-2021

Apple, Samsung, dan Lenovo, menjadi penguasa pasar tablet di kuartal awal tahun ini. Sementara Huawei masih kesulitan karena berkutat dengan embargo yang diberlakukan pemerintah Amerika Serikat.

Laptop dan Tablet Diminati untuk Sekolah Online

Menurut Analis Canalys, Brian Lynch, meningkatnya pasar laptop, tablet, dan juga Chromebook dikarenakan masih berlakunya sekolah online di tengah pandemi Covid-19. Ini membuat banyak konsumen membutuhkan perangkat andal untuk menunjang kegiatan tersebut.

{Baca juga: Strategi Asus Jualan Laptop Terbaru di Era ‘New Normal’}

Alhasil, minat konsumen pada laptop dan tablet secara umum ikut meningkat. Hal ini didasari pada kemudahan dan fleksibilitas perangkat tersebut untuk dibawa ke mana-mana.

Tentunya berbeda dengan PC desktop yang walaupun lebih powerful, tetapi tidak memiliki kelebihan dari sisi mobilitas.

Sebelumnya, hal yang sama juga diamini oleh Producr Manager Acer Indonesia, Andreas Lesmana. Ia mengatakan bahwa penjualan laptop dan tablet Acer cukup memuaskan selama pandemi Covid-19.

{Baca juga: Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19}

Mayoritas pembeli berasal dari kalangan karyawan dan siswa yang harus menjalankan kegiatan bekerja dan belajar dari rumah. Sayangnya Andreas tidak menjelaskan presentase kenaikan penjualan laptop dan tablet Acer di Indonesia.

“Customer di tengah pandemi covid-19 ini segmentasi banyak datang dari pekerja kantoran yang Work From Home (WFH) dan pelajar yang School From Home (SFH),” sambungnya. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0