telset

Bocoran Spek Google Pixel 6, Ditenagai Prosesor “Whitechapel”

Telset.id, Jakarta – Ada dua ponsel terbaru yang rencananya bakal diperkenalkan Google di tahun ini. Berdasarkan bocoran yang beredar, kedua ponsel Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan hadir dengan desain yang segar, kamera berkualitas, dan spesifikasi tinggi.

Menurut laporan dari XDA Developers, Google Pixel 6 Series akan ditenagai oleh prosesor yang dirancang langsung oleh Google alih-alih chipset buatan Qualcomm.

Dilansir Telset pada Kamis (27/5/2021), Google dikabarkan sedang mengembangkan SoC kustom sendiri bernama Whitechapel dengan kode GS101. Prosesor ini sempat terungkap keberadaannya secara tidak sengaja di AOSP atau Android Open Source Project.

Menariknya, prosesor ini memiliki GPU atau kartu grafis yang sama dengan trio Samsung Galaxy S21 Series yang didukung Samsung Exynos 2100. Asal tahu saja, HP terbaru Samsung itu menggunakan kartu grafis Mali-G78 MP14 atau versi 14-core.

{Baca juga: 4 Fitur Baru Hadir di Google Maps, Ada Live View AR!}

Sebenarnya, GPU Mali-G78 mendukung hingga 24-core seperti pada Huawei Mate X2. Namun belum diketahui berapa banyak inti atau core pada GPU Mali-G78 untuk Google Pixel 6 ataupun Pixel 6 Pro.

Yang jelas, kedua ponsel terbaru ini sudah menggunakan kartu grafis kelas atas yang jauh lebih baik daripada GPU Adreno 620 pada Google Pixel 5.

Bocoran Desain Google Pixel 6 Series

Spesifikasi Desain Google Pixel 6 Pro

Pada bocoran lainnya, Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro disebut-sebut akan hadir dengan desain yang menarik.

Dari render konsep yang disebar oleh @OnLeaks dan 91mobiles, suksesor Google Pixel 5 mengusung layar fullscreen dengan lubang kamera serta bodi belakang dengan tiga tone warna yang mencolok.

Bagian bodi belakang ini memadukan warna putih bersih, hitam, dan oranye. Smartphone ini datang dengan frame kamera horizontal dan menonjol dengan warna hitam yang memanjang di bagian atas ponsel. Modul kamera ini menjadi tempat bagi dua sensor kamera, LED Flash, dan juga mikrofon.

{Baca juga: Google Umumkan Wear OS 3, Dikembangkan Bareng Samsung}

Di bagian atasnya, terdapat “sisa ruang” berwarna oranye. Sementara di bagian bawah, bodinya berwarna putih yang dibubuhi logo “G” berwarna oranye.

Smartphone ini akan hadir dengan port USB-C yang menandakan kalau ponsel terbaru Google akan mendukung fast charging, lalu ada juga tombol power dan volume yang berada di sisi kanan bodi, speaker stereo, serta fitur pengisian daya nirkabel.

Bocoran Spesifikasi Google Pixel 6

Sampai sekarang, belum diketahui spesifikasi utama yang akan diusung oleh Google Pixel 6 Series. Belum dapat dipastikan juga, seberapa kencang prosesor Whitechapel yang dirancang oleh Google dibandingkan Snapdragon 888 terbaru dari Qualcomm.

Walau demikian, jelas di sini kalau HP terbaru Google tersebut punya peforma lebih tinggi daripada Pixel 5 yang masuk ke ranah ponsel kelas menengah.

Pixel 6 versi standar dilengkapi dengan layar datar berukuran 6,4 inci dan sudah disematkan sensor sidik jari di dalamnya. Sedangkan Google Pixel 6 Pro, mempunyai panel layar lebih besar berukuran 6,7 inci dengan sudut yang melengkung.

{Baca juga: Google Tak Sengaja Bocorkan Fitur dan Desain Pixel Buds A}

Spesifikasi Desain Google Pixel 6 Pro

Layar Pixel 6 Pro pun sudah beresolusi QHD+, mendukung refresh rate 120Hz, dan disematkan sensor sidik jari di dalam layarnya.

Membahas sedikit soal spesifikasinya, dikutip Telset dari phoneArena, Google Pixel 6 Pro memiliki kamera utama 50MP yang dikombinasikan dengan lensa periskop. Sedangkan penopang dayanya adalah baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh.

Sementara untuk versi standar, kehilangan lensa periskop, berpotensi menggunakan kamera utama dengan besaran mekapiksel yang diturunkan, baterai dengan kapasitas lebih kecil, resolusi layar yang lebih rendah, dan pastinya dibanderol dengan harga terjangkau. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0