Berkat Samsung, iPhone 2019 Bakal Lebih Tipis dari iPhone XS

Telset.id, Jakarta – Apple diprediksi akan melakukan perombakan besar terhadap desain iPhone 2019. Rumor menyebut, iPhone 2019 kemungkinan akan memiliki body yang jauh lebih tipis dibandingkan iPhone XS, XS max, dan XR.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (14/12/2018), menurut laporan media asal Korea, ETNews, tipisnya desain iPhone 2019 didapat karena penggunaan teknologi layar terbaru dari Samsung.

Saat ini, layar iPhone menggunakan teknologi touch panel berlapis OLED atau LCD. Namun, Samsung telah mengembangkan teknologi sendiri yang disebut Youm On-Cell Touch AMOLED atau Y-Octa.

{Baca juga: iPhone 2019 Bakal Mirip Huawei P20 Pro?}

Y-Octa mengintegrasikan touch sensor ke dalam panel layar sehingga menghilangkan layer ekstra. Nah, Apple dan Samsung telah menandatangani perjanjian untuk menyematkan teknologi Y-Octa ke iPhone 2019.

Secara harga, teknologi Y-Octa bisa 30 persen lebih murah dibanding model standar. Hal itu mendukung program Apple yang berencana mengurangi harga iPhone pada tahun mendatang.

Sayang, tidak ada laporan yang menyebutkan seberapa ketipisan yang bisa ditampilkan iPhone 2019 nanti. Terlepas dari itu, Apple berarti masih mempercayakan layar OLED untuk iPhone 2019 kepada Samsung.

{Baca juga: iPhone Edisi 2019 Tak Lagi Pakai Poni?}

Beberapa waktu lalu, analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, mengungkapkan perihal teknologi terbaru yang akan disematkan di iPhone 2019. Menurutnya, iPhone yang akan dirilis Apple pada tahun depan akan mempunyai peningkatan di sistem kamera Face ID.

Kuo percaya bahwa Apple akan menggunakan sensor baru yang lebih baik. Sensor tersebut mengurangi dampak cahaya di lingkungan sekitar sehingga pengguna mendapat pengalaman lebih dari Face ID.

{Baca juga: Tahun Depan, iPhone XS Max akan Pakai Layar Murah}

Sebelumnya telah dikabarkan bahwa Samsung memang memberikan opsi layar murah bagi Apple untuk mengatasi mahalnya biaya panel layar iPhone XS Max. Perusahaan asal Korea Selatan ini, menawarkan layar murah bagi iPhone XS Max untuk memangkas biaya produksi yang cukup besar.

Nantinya, iPhone XS Max bakal menggunakan panel Y-Octa, yang juga ditemukan pada Galaxy S9, S9+ dan Note 9. Jika layar tersebut dipasangkan untuk iPhone XS Max, maka Apple bisa lebih leluasa menentukan harga iPhone XS Max di tahun mendatang. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0