Bareng Xplora, Tesla Segera Luncurkan Smartwatch?

Nilai saham Tesla

Telset.id, Jakarta – Ada desas-desus bahwa Tesla kemungkinan bakal membuat produk jam tangan pintar alias smartwatch. Rumor itu muncul setelah perusahaan asal Norwegia, Xplora, mengajukan paten ke FCC.

Selama ini, Tesla terkenal sebagai produsen mobil listrik otonom. Meski demikian, Tesla juga merambah bisnis casing iPhone dan papan selancar. Isu menyebut, Tesla akan bermain di bisnis smartwatch.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Rabu (12/08/2020), pengajuan dokumen paten ke FCC oleh Xplora turut mendaftarkan Tesla sebagai salah satu perusahaan yang terlibat dalam proyek.

{Baca juga: Rencana Bezos dan Musk Menjajah Antariksa Sama Gilanya}

Ada spekulasi bahwa salah satu alasan potensial kenapa nama Tesla masuk dalam daftar pengajuan dokumen paten adalah soal kepemilikan saham. Besar kemungkinan, Tesla termasuk pemegang saham Xplora.

Sampai sekarang, semua masih sekadar rumor. Tesla sendiri belum bisa dimintai komentar terkait isu smartwatch ini. Demikian pula Xplora, hingga berita dimuat belum memberi jawaban atas permintaan konfirmasi.

Ada kemungkinan, Tesla telah mengeksplorasi penggunaan smartphone untuk menggantikan key fob. Terlebih, Apple sudah memperkenalkan kemampuan untuk membuka kunci pintu mobil pakai iPhone dan Apple Watch.

Bisa jadi, Tesla ingin mengikuti jejak Apple untuk menawarkan sesuatu yang serupa tetapi berbeda. Sekadar informasi, Apple telah mengembangkan CarKey API.

{Baca juga: Pakai Fitur CarKey, Apple Fanboy Bisa Kirim Kunci Mobil via SMS}

API ini memungkinkan pengguna menggunakan iPhone atau Apple Watch untuk mengunci, membuka kunci, atau bahkan menyalakan mobil.

Syaratnya, mobil harus kompatibel dengan NFC. Pengguna tidak perlu menggunakan Face ID untuk mengautentikasi. Bahkan, mereka masih bisa memakainya saat iPhone atau Apple Watch kehabisan baterai.

Tak cukup, pengguna bisa membagikan “kunci” tersebut kepada orang lain. Jika tengah berada di luar kota dan seseorang perlu meminjam mobil, pengguna cukup mengirim tombol virtual untuk mengaksesnya.

Memang, teknologi tersebut bukanlah hal yang benar-benar baru, Apple tetap digadang bisa bekerja sama dengan pembuat mobil untuk mengintegrasikan fitur CarKey, seperti halnya CarPlay.

Entah, apakah mungkin fitur itu tersedia untuk versi aftermarket atau tidak. Sebaiknya tunggu saja fitur tersebut rilis secara resmi sebelum kita tahu detail tentang kelebihan maupun kekurangannya. (SN/MF)

SOURCEUbergizmo
Previous articleSolusi IoT Telkomsel, Bantu Digitalisasi Perusahaan dengan Efektif dan Efisien
Next articleGoogle ‘Oprek’ Smartphone Android Jadi Alat Sensor Gempa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here