Atasi Perubahan Iklim, Oppo Beralih Gunakan Bahan Daur Ulang

Telset.id, Jakarta – Dampak dari perubahan iklim Bumi menjadi salah satu atensi utama oleh banyak pihak sekarang ini, termasuk Oppo. Perusahaan teknologi asal China ini memiliki komitmen jangka panjang untuk atasi perubahan iklim, salah satunya adalah membuat produk Oppo dengan bahan daur ulang yang ramah lingkungan.

Oppo mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam kemasan perangkat dengan menerapkan prinsip “3R+1D”. Dasar ini berfokus pada pengurangan, daur ulang, penggunaan kembali bahan plastik, dan beralih ke bahan plastik yang bersifat degradable.

Melalui pendekatan ini, Oppo telah berhasil mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam pengemasan di Eropa hingga 95% sejak tahun 2019. Perusahaan juga memanfaatkan bahan asam polilaktat yang dapat terurai untuk menggantikan penggunaan plastik konvensional.

Salah satu produk yang menggunakan bahan plastik daur ulang yang berasal dari produk konsumen adalah Oppo 5G CPE T2 yang diluncurkan tahun ini.

Baca juga: Foto Kondisi Bumi Akibat Perubahan Iklim

Tak cuma itu, Oppo juga mengurangi penggunaan serat kayu dan lebih memanfaatkan bahan daur ulang. Seperti paket pembelian Oppo Find X5 Series misalnya, terbuat dari 45% serat daur ulang yang berasal dari kertas atau sampah organik lainnya.

Program Daur Ulang Oppo

Program daur ulang Oppo

Volume limbah elektronik yang dihasilkan secara global telah meningkat sebesar 21% selama lima tahun terakhir, kategori limbah rumah tangga meningkat paling cepat. Meskipun demikian, hanya 17,4% limbah elektronik yang telah didaur ulang.

Memahami ancaman jangka panjang yang ditimbulkan oleh limbah elektronik terhadap lingkungan, Oppo berinisiatif untuk menciptakan produknya lebih tahan lama.

Oppo Find X5 Series misalnya yang dilengkapi dengan Battery Health Engine yang memungkinkan baterai memiliki daya tahan lebih dari dua kali rata-rata setelah 1.600 siklus pengisian penuh dengan teknologi 80W SuperVOOC fast charge.

Baca juga: Oppo Ajak Konsumen Tukar HP Rusak untuk Daur Ulang

Oppo juga menyediakan program daur ulang dan menawarkan layanan tukar tambah di berbagai negara. Di China, perusahaan sudah menerima lebih dari 1,2 juta ponsel bekas melalui program daur ulang pada tahun 2021 atau setara dengan lebih dari 216 ton sampah elektronik.

“Oppo telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan lain dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk mendorong insiatif daur ulang limbah elektronik,” pungkas Oppo dalam keterangan resmi yang diterima Telset pada Sabtu (23/4/2022). (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0