Apple Tawarkan Dongle USB-C Pengganti Jack Headphone iPad Pro

Telset.id, Jakarta – Apple hari ini merilis iPad Pro model anyar yang tidak memiliki memiliki soket atau jack headphone yang masih menggunakan kabel. Karena banyak penggunanya yang masih menggunakan perangkat audio kabel, maka Apple merilis dongle USB-C sebagai penggantinya.

Dilansir PhoneArena, Rabu (31/10/2018), aksesoris resmi ini sudah tersedia di toko online Apple dengan banderol US$9 atau sekitar Rp 137 ribuan.

Kemungkinan aksesoris ini bakalan laris di pasaran, karena Apple tidak memberikannya secara gratis atau tidak termasuk dalam sales packet.

Sebenarnya Apple sudah menghapus jack headphone pada jajaran produk smartphone mereka selama 3 tahun belakangan ini. Tetapi untuk iPad, penghapusan soket ini dinilai agak mengejutkan karena tipe sebelumnya masih memilikinya.

Selain dongle jack headphone USC-C, Apple juga merilis sambungan soket pengisian daya USB-C. Ini karena iPad Pro anyar juga tidak memiliki soket pengisian daya (lightning port).

Soket yang sepaket dengan kabel charge sepanjang 1 meter yang menghubungkan ke adaptor pengisi daya 18 Watt ini dibanderol US$19 atau mencapai Rp 289 ribuan di Amerika Serikat (AS). Kemungkinan harganya bisa lebih mahal jika sudah masuk pasar Indonesia.

Tak lupa, Apple juga merilis aksesoris sambungan USB-C ke SD Card Reader yang dibanderol hingga US$ 39 atau setara Rp 593 ribu-an. Dengan adanya soket SD Card ini, pengguna iPad Pro bisak mengedit file langsung dari kartu SD, tanpa perlu harus mentransfer ke tablet.

Sebelumnya iPad Pro 2018 dikabarkan akan memiliki layar berukuran 12,9 inci. Tablet ini punya bezel yang tipis, serta terdapat beberapa sensor tambahan di bagian tepi atasnya, atau tepi kiri jika diposisikan secara landscape.

Disinyalir, sensor tersebut diperuntukkan untuk teknologi keamanan Face ID, yang bakal menjadi salah satu fitur unggulan dari iPad Pro 2018. Dengan adanya render ini, tentu penggemar iPad telah mendapatkan gambaran jelas dari perangkat yang akan mereka buru dalam waktu dekat.

Apple juga menghilangkan headphone jack di perangkat buatannya. Setelah iPhone, giliran iPad terbaru yang bakal dirilis tanpa kehadiran headphone jack.

Hilangnya headphone jack pada iPad terbaru karena Apple merancang perangkat tersebut dengan ketebalan 5,9 mm. Sehingga, ukuran setipis itu membuat Apple kehilangan ruang untuk menyertakan headphone jack di iPad Pro 2018. [NM]

Sumber: PhoneArena

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -