GAMES

Gak Laku, Apple Hentikan Produksi iPhone 12 Mini

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id, Jakarta – Sebuah laporan baru mengklaim bahwa Apple akan mengakhiri produksi dari iPhone 12 Mini. Gara-garanya, ponsel berukuran kecil dan kompak tersebut tak terlalu laku di pasaran.

Dalam sebuah catatan yang diterbitkan TrendForce, Apple direncanakan akan memulai produksi seri iPhone 13 pada paruh kedua tahun ini.

Dikutip Telset dari phoneArena, Selasa (22/6/2021), TrendForce juga mengklaim kalau produksi iPhone 12 Mini pun telah mencapai status “End of Life” di awal kuartal menyusul penjualannya yang lemah.

Dengan kata lain, Apple telah mengakhiri produksi iPhone 12 Mini secara permanen. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini pun akan berusaha menghabiskan stok yang ada menjelang peluncuran iPhone 13 pada September mendatang.

{Baca juga: 10 Game Offline iPhone Terbaik 2021, Cocok Main di iPhone 12}

Hingga kini, Apple belum memberikan konfirmasi terkait produksi iPhone 12 Mini yang telah berakhir. Namun laporan ini menguatkan catatam penelitian dari J.P. Morgan pada bulan Februari lalu yang menyatakan rencana Apple untuk menghentikan produksi di kuartal tahun ini.

Produksi iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max Dihentikan Juga?

Tak cuma iPhone 12 Mini saja yang dihentikan produksinya, Apple pun akan stop perakitan 12 Pro, 12 Pro Max, serta seri XR. Langkah ini akan membuat iPhone SE (2020), iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13, sebagai perangkat baru yang tersisa.

Walau kinerja penjualannya buruk, tapi Apple akan tetap menghadirkan varian yang sama untuk iPhone 13. Alasannya, seri tersebut ternyata mendorong penjualan model iPhone 13 yang lebih besar.

iPhone 12 Mini sebenarnya adalah ponsel berukuran kecil dengan performa yang sangat tinggi. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Apple A14 Bionic yang powerful.

{Baca juga: iPhone 12 Tiba di Indonesia, Harga “Cuma” Rp 17 Jutaan Saja}

Layarnya menggunakan panel OLED Super Retina XDR berukuran 5,4 inci dengan resolusi 1080p. Pilihan RAM dan memori penyimpanan yang tersedia antara lain, 4 GB/64 GB, 4 GB/128 GB, dan 4 GB/256 GB. Sementara untuk baterai berkapasitas 2.227 mAh dengan fast charging 20W.

Model mini pun telah mengusung dual kamera di bagian belakang. Konfigurasinya 12MP wide dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) dan 12MP ultrawide. Sementara kamera depannya, seri ini punya kamera 12MP yang tergabung dalam TruDepth Camera. (MF)

Leave a Comment