Apa Beda Kamera Ganda Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus?

Oppo F3 Plus

Telset.id, Jakarta – Pada umumnya nih, dual-camera itu diletakkan atau disematkan di bagian belakang dan dijadikan sebagai kamera utama. Tengok saja seperti iPhone 7 Plus, Huawei P10, Asus ZenFone Zoom S, Xiaomi Mi 6, LG G6, dan lainnya.

Namun berbeda dengan dua smartphone yang saling bersaing di pasar smartphone selfie Indonesia yakni Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus. Kedua smartphone ini malah menyematkan kamera ganda di bagian depan sekaligus menjadi kamera utama (khusus para pencinta selfie).

Meski sama-sama mengadopsi dua kamera di bagian depan (dan juga memiliki desain yang hampir sama), nyatanya kedua smartphone ini menggunakan dua model dual-camera yang berbeda lho. Ingin tahu seperti apa perbedaan kamera ganda di bagian depan pada kedua smartphone ini? Check this out!

Oppo F3 Plus

Oppo F3 Plus
Foto: Faisal/Telset.id

Pada smartphone berukuran layar 6 inch ini, konfigurasi kamera ganda yang dipakai merupakan konfigurasi dual-camera Normal Lens dan Wide-angle Lens. Boleh dibilang, jenis dual-camera tersebut merupakan konfigurasi yang paling familiar dengan masyarakat pencinta selfie di Indonesia.

Oppo F3 Plus membawa dua kamera dengan masing-masing beresolusi 16MP lensa normal dan 8MP lensa wide-angle 120 derajat. Tentu dengan konfigurasi wide-angle ini, pengguna F3 Plus mampu mengambil foto dengna background yang utuh atau dapat mengambil foto bersama kelaurga dan teman-teman sekaligus dalam satu frame.

Perlu diingat kembali, pada Oppo F3 Plus, kedua kamera ini tidak bekerja sama satu sama lain karena kamera satunya hanya bertugas untuk pengambilan selfie standar seperti yang biasa ditemui di smartphone pada umumnya, sedangkan kamera satunya lagi bertugas untuk mengambil area lebih besar dalam satu frame.

Berikut hasil foto menggunakan kamera ganda Oppo F3 Plus:

Nah lantas apa pembedanya dengan pesaing terdekatnnya Vivo V5 Plus?

Vivo V5 Plus

Foto: Maul/Telset.id

Berbeda dengan F3 Plus, Vivo V5 Plus mengadopsi konfigurasi dual-camera yang mengkombinasikan lensa normal seperti lensa smartphone pada kebanyakan dengan lensa telephoto atau lensa yang secara teknis memiliki kemampuan mirip kamera DSLR.

Memadukan kamera ganda dengan ukuran masing-masing 20MP dan 8MP, Vivo V5 Plus mampu menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh ala kamera DSLR atau memfokuskan gambar pada satu objek tertentu (wajah penggunanya) dan mem-blur-kan objek lainnya.

Tapi sayangnya, tidak seperti smartphone lain yang menggunakan konfigurasi dual-camera ini sebut saja seperti iPhone 7 Plus atau Asus ZenFone Zoom S, V5 Plus tidak memiliki kemampuan 2x optical zoom. Ya memang hal itu bisa dikompromi karena lumrahnya foto selfie itu menangkan gambar wajah secara keseluruhan, bukan memperbesarnya dan hanya memperlihatkan hidung, mata, bibir atau lainnya, benar kan?

Well untuk tahu seperti apa hasil jepretan kamera depan V5 Plus, berikut kami berikan hasil gambarnya:

So, sudah tahu apa perbedaannya kan? (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here