telset
spot_img
spot_img

Aneh! Bahasa Telugu India Bisa Bikin iPhone Ngehang

Telset.id, Jakarta – Telah ditemukan bug atau celah keamanan pada sistem operasi iOS. Kesalahan sistem tersebut disebut-sebut cukup mudah untuk dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kesalahan pada sistem itu akan terpicu ketika iPhone yang berjalan di atas iOS 11 mendapatkan pesan berisi satu karakter dari bahasa Telugu India, entah itu pada aplikasi iMessages, WhatsApp, Facebook Messenger, dan lainnya.

Ketika pesan telah diterima, otomatis akan membuat iPhone ngehang atau sebagian fungsinya akan terhenti. Bahkan dalam beberapa kasus, layar iPhone yang terkena dampaknya akan mati.

Alhasil, pengguna diharuskan untuk memasukkan PIN kembali untuk dapat mengoperasikannya seperti biasa, meski sayangnya terkadang layanan iMessages tidak lagi bekerja secara normal.

Untungnya ada cara untuk memperbaiki atau bahkan menghindari bug tersebut.

[Baca juga: Mirip iPhone X, Inikah Wujud Asus ZenFone 5?]

satu-satunya cara untuk memperbaiki atau mencegahnya adalah dengan menghapus seluruh pesan iMessages atau pada aplikasi lainnya menggunakan browser dekstop jika layanannya bisa diakses menggunakan browser dekstop.

Tapi, seperti dilansir dari Mashable, jika tidak dapat diakses, pengguna hanya harus segera menghapus percakapan ketika menerima pesan baru pada iPhone mereka.

[Baca juga: Aplikasi Baru di App Store Wajib Support iPhone X]

Apple sendiri telah mengkonfirmasi adanya bug tersebut. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat itu mengungkapkan bahwa kesalahan sistem tadi hanya terdapat pada iOS 11, MacOS High Sierra, watchOS 4 dan tvOS 11. Mereka juga berjanji akan segera memperbaiki sistemnya pada pembaruan yang akan datang dalam waktu dekat.

Sebelumnya sistem iOS juga sempat memiliki bug yang berkaitan dengan pesan teks. Bulan lalu misalnya, terdapat bug bernama ChaiOS yang memungkinkan hacker untuk mengirimkan tautan lewat iMessages yang membuat iPhone tidak berfungsi secara normal.

Selain CHaiOS, ada juga bug yang membuat iPhone ngehang ketika pengguna menerima pesan berisi kombinasi emoji tertentu. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0