Android 13 (Go Edition) Dirilis, Bawa Banyak Fitur Baru!

Telset.id, Jakarta – Menyusul rilis Android 13 pada Agustus lalu, Google kini kembali lagi dengan Android 13 (Go Edition). Seperti para pendahulunya, edisi Go ditujukan bagi smartphone low-end.

Konsep Android edisi Go sendiri sebenarnya telah dimulai sejak lima tahun lalu. Saat ini ada lebih dari 250 juta perangkat aktif bulanan, dengan SoC kelas bawah serta kapasitas RAM dan penyimpanan yang terbatas, yang menjalankan beberapa bentuk Android Go.

Android 13 (Go Edition) berfokus pada keandalan, kegunaan, dan penyesuaian. Pembaruan Sistem Google Play tersedia untuk perangkat Go dimulai dengan rilis ini, memungkinkan ponsel menerima pembaruan perangkat lunak penting di luar rilis Android utama.

BACA JUGA:

Feed Google Discover, yang biasanya dapat Anda temukan di Android di sebelah kiri layar beranda paling kiri, kini memulai debutnya di perangkat edisi Go. Fitur ini dtujukan untuk membantu pengguna menelusuri daftar berita dan konten lainnya yang dikurasi sesuai kebiasaan pengguna.

Selain itu, ada juga bahasa desain Material You, yang sejauh ini terbatas pada perangkat Android edisi non-Go tetapi sekarang bisa ditemukan di perangkat yang lebih terjangkau.

Android 13 Go Edition

Dengan fitur ini, pengguna bisa menyesuaikan tema skema warna ponsel berdasakan wallpaper. Namun ini tidak otomatis. Ketika pengguna mengatur wallpaper, mereka mendapatkan empat skema warna untuk dipilih untuk sistem.

Tak hanya itu, beberapa fitur utama yang diperkenalkan di versi non-Go juga masuk ke edisi Go, seperti izin notifikasi dan preferensi bahasa aplikasi. Google mengatakan perangkat baru yang menjalankan Android 13 Go Edition akan tiba pada tahun 2023.

Sebelumnya, perusahaan asal Ccina dikabarkan akan merilis smartphone dengan Android Go, yaitu Redmi A1.

Smartphone ini nantinya memiliki spesifikasi dengan layar IPS berukuran 6,52 Inch, dan ditenagai chipset Helio G22. Ada dua varian memori yang bisa dipilih, yaitu yang mengusung RAM 2 GB dengan penyimpanan internal 32 GB serta RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0