Alat Pelacak Tidur Apple Bisa Deteksi Dengkuran Pengguna

Alat pelacak tidur

Telset.id, Jakarta – Apple baru saja meluncurkan alat pemantau tidur bernama Beddit. Alat pelacak tidur Apple tersebut diklaim dapat melacak aktifitas tidur dan kondisi tubuh penggunanya.

Dilansir Telset.id dari Engadget, Minggu (09/12/2018), teknologi bernama The Beddit Sleep Monitor 3.5 tersebut mampu memantau apapun yang terjadi pada tubuh pengguna ketika tidur.

Sekadar informasi, Beddit merupakan hasil inovasi dari perusahaan asal Finlandia bernama Beddit Company yang sebelumnya sudah diakuisisi oleh Apple sejak awal 2017 lalu.

Alan pelacak tidur ini berupa strip sensor tipis yang ditempatkan di bawah alas tempat tidur. Nantinya, ketika pengguna tidur maka secara otomatis sensor tersebut akan melacak waktu tidur, detak jantung, pernapasan dan suara mendengkur penggunanya.

{Baca juga: Cobain! 5 Aplikasi Ini Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak}

Beddit juga memungkinkan untuk memantau kondisi tidur dari dua pengguna secara sekaligus dalam alas tidur yang sama.

Selain itu, Beddit mampu memperhatikan suhu dan kelembaban kamar tidur, sehingga pengguna bisa tahu kondisi ideal untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Informasi tersebut akan ditampilkan dalam bentuk statistik di aplikasi Beddit untuk iOS 12.

Jika pengguna memiliki Apple Watch, aplikasi ini akan memberikan notifikasi laporan tidur dan pengingat tidur. The Beddit Sleep Monitor 3.5 saat ini sudah bisa di dapat melalui situs penjualan Apple seharga USD150 atau sekitar Rp 2,2 juta.

{Baca juga: Pengguna Apple Watch Bakal Bisa Akses Spotify}

Beddit sendiri merupakan salah satu strategi dari Apple untuk masuk ke dunia kesehatan. Mereka sebetulnya telah memberikan kemampuan pemantau kesehatan yang jauh lebih baik pada Apple Watch Series 4, seperti fitur monitor detak jantung elektrokardiogram (EKG).

Fitur EKG digunakan saat pengguna merasakan sesuatu yang tidak normal dalam tubuh, kemudian pengguna cukup membagikan laporannya ke dokter.

Smartwatch ini memeriksa ritme jantung setiap dua jam atau lebih. Jika terdapat lima pemberitahuan berturut-turut yang tampak tidak normal, itu memungkinkan jam tangan tersebut mengingatkan pengguna untuk segera menghubungi dokter.

{Baca juga: Keren! Tempat Tidur Canggih Ini Terinspirasi Astronot}

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus membuka aplikasi kesehatan di ponsel terlebih dahulu, lalu mengatur fitur EKG yang terdapat di jam dan menaruh jari telunjuk pada bagian control yang terletak disamping jam tersebut selama 30 detik. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here