6 Kemampuan Titan M untuk Amankan Google Pixel 3

Kemampuan Titan M

Telset.id, Jakarta – Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL diklaim sebagai salah satu smartphone yang mampu melindungi penggunanya dari serangan cyber. Sebab, smartphone ini telah disematkan chip keamanan khusus bernama Titan M.

Titan M sendiri merupakan pembaruan dari modul keamanan di Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Saat merilis smartphone tersebut, Google memasukkan modul keamanan khusus untuk melindungi lockscreen dan sistem enkripsi on-disk pada Google Pixel 2.

Dikutip Telset.id dari Thenextweb, Minggu (21/10/2018), Google telah meningkatkan sistem keamanan pada Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan memasukkan chip Titan M. Chip ini, memiliki berbagai fitur keamanan baru yang bisa melindungi data pribadi pengguna, sekaligus sistem operasi pada smartphone.

“Dengan Pixel 3, kami meningkatkan investasi dalam keamanan dan menempatkan hardware terbaik ke dalam perangkat, sehingga Anda dapat yakin bahwa keamanan dan privasi Anda terlindungi dengan baik,” kata Google dalam situs resminya.

“Dalam beberapa bulan mendatang, komunitas keamanan akan dapat mengaudit Titan M melalui firmware open source-nya,” tambah raksasa pencarian ini.

Jika dijabarkan, ada enam kemampuan Titan M yang dapat meningkatkan sisi keamanan pada Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Kemampuan pertama, Titan M mampu melindungi proses boot untuk mencegah hacker memindahkan perangkat ke versi Android yang kurang aman.

Kemudian, Titan M pun mampu membatasi jumlah upaya masuk yang berbahaya dengan mengamankan passcode Google Pixel 3 maupun Pixel 3 XL. Kemampuan selanjutnya, data pada perangkat akan dienkripsi untuk mencegah adanya akses yang tidak sah.

Titan M juga bisa menyimpan password dari transaksi di aplikasi pihak ketiga. Sehingga, proses pembayaran yang dilakukan pengguna menggunakan smartphone akan jauh lebih aman.

Kemampuan kelima, Titan M menggunakan API khusus yang dilindungi, untuk proses seperti pembayaran peer-to-peer (P2P) dan e-voting. Terakhir, Titan M dapat mencegah upgrade firmware, jika tanpa passcode yang sah.

Dengan adanya Titan M, Google tentu mengambil langkah yang jitu untuk mengamankan smartphone andalannya. Raksasa pencarian ini tak hanya mengandalkan sistem pemindai wajah ataupun sidik jari saja, tapi juga sistem keamanan tambahan lainnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here