5 Fitur Unggulan iPad Air 2020, Selain A14 Bionic!

Fitur iPad Air 2020

Telset.id, Jakarta – iPad Air 2020 menjadi salah satu produk yang diunggulkan Apple tahun ini. Dan lebih dari sekedar peningkatan dari model yang sudah ada, ini adalah lompatan besar sekaligus alternatif yang lebih murah dari iPad Pro.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, versi teranyar dari iPad Air datang dengan sejumlah fitur unggulan. Salah satu yang paling disorot adalah chip A14 Bionic.

Ya, iPad Air 2020 adalah tablet pertama yang menggunakan chip terbaru perusahaan, yakni A14 Bionic. Chip ini disebut-sebut paling kuat dan mampu memberikan perangkat peningkatan performa yang luar biasa, setara iPad Pro

Tak hanya itu, chip baru di badan iPad Air 2020 ini juga memiliki enam inti dan menawarkan kinerja CPU hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan chip pada model sebelumnya. A14 Bionic juga memiliki arsitektur grafis 4-inti baru, menghasilkan peningkatan grafis hingga 30%.

{Baca juga: iPad Air 2020, Kinerja Lebih Kencang Dijual Rp 8 Jutaan}

Tapi tentu saja, chip A14 Bionic baru bukan satu-satunya fitur yang diunggulkan Apple pada iPad Air teranyarnya.

Nah, tim Telset.id sudah merangkum beberapa fitur unggulan yang hadir di iPad edisi terbaru ini. Berikut ini 5 fitur iPad Air 2020 yang bisa diandalkan penguna:

Layar lebar 10,9 inci

iPad Air 2020 memiliki layar Liquid Retina 10,9 inci. iPad Air generasi terbaru memang tidak datang dengan kecepatan refresh 120Hz, seperti halnya iPad Pro.

Tapi ini memungkinkan Anda untuk tetap menikmati berbagai konten, dari sekedar menonton film pada layar Liquid Retina yang menawan hingga memainkan game dengan grafis level konsol.

Layarnya juga dibekali dengan teknologi standar Apple yang banyak dikenal, seperti P3 Wide Color, True Tone dan Anti-Reflective Coating di layar yang menyimpan 3,8 juta piksel.

 

Touch ID

 

Berbeda dengan iPad Pro, fitur iPad Air 2020 hanya menawarkan otentikasi Touch ID melalui sensor yang terintegrasi ke tombol power. Bisa dibilang ini menjadi desain yang revolusioner, setelah menanggalkan Face ID.

Kenapa bisa dibilang revolusioner, karena iPad Air 4 menjadi produk Apple pertama yang menggunakan Touch ID di bagian Power Button. Sensor Touch ID ini dapat digunakan untuk otentifikasi keamanan di Lock Screen, App Store, pembelian di Apple Pay dan lain.

Selain itu, iPad Air 4 juga dilengkapi Smart Connector di bagian belakang yang membuatnya bisa terhubung ke Magic Keyboard, Smart Keyboard Folio atau case Smart Folio.

Buat kalian yang senang gambar, tablet ini juga sudah mendukung untuk digunakan bersama Apple Pencil generasi kedua ya. Mirip seperti iPad Pro 2018 atau yang lebih baru, sisi tepian iPad Air 4 juga dilengkapi dengan magnet untuk mengisi baterai, menyimpan dan pairing ke Apple Pencil generasi kedua.

USB-C

Mengikuti jejak iPad Pro, iPad Air terbaru beralih ke USB-C. Ini menjadi keuntungan bagi pengguna iPad Air karena artinya pengisian akan lebih cepat.

Selain itu, Apple juga mempertahankan Smart Connector pada iPad Air terbaru, yang berarti dapat menggunakan aksesori yang kompatibel seperti Smart Keyboard Folio yang terhubung lewat Smart Connector.

USB type C. USB type C yang disematkan pada tablet ini memungkinkan Anda untuk bisa melakukan transfer data dengan kecepatan 480Mbps. Selan itu, iPad Air 2020 juga dilengkapi dengan magnet untuk mengisi baterai, menyimpan dan pairing ke Apple Pencil generasi kedua.

Kamera 12MP

iPad Air dilengkap dengan kamera depan yang menggunakan resolusi 7MP untuk selfie dan panggilan video. Sementara kamera belakang ada kamera tunggal dengan resolusi 12MP yang juga mampu merekam video 4K.

Kamera belakang 12 megapixel-nya juga sama persis seperti yang terdapat pada iPad Pro, meski tentu saja Anda tak bisa menemukan kamera ultra-wide maupun sensor LiDAR di sini.

{Baca juga: iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik}

Wi-Fi 6

Berbekal WiFi 6 dan LTE, iPad Air memungkinkan pengguna tetap terhubung dengan dunia luar. Dari membuat panggilan FaceTime hingga bergabung dengan konferensi video. Kamera dan mikrofon canggih juga menjaga wajah dan suara tetap jernih.

Apple iPad Air 2020 akan mulai tersedia bulan Oktober, dengan sejumlah pilihan warna termasuk Silver, Space Grey, Rose Gold, Green, dan Sky Blue. Harganya sendiri diperkirakan sekitar Rp 8 jutaan.

Chipset A14 Bionic

Selain kelima fitur tadi, tentu saja ada satu fitur yang menjadi andalan dan sudah dinanti-nanti kehadirannya oleh Apple Fanboy. Ya, apalagi kalau bukan chipset A14 Bionic, yang menjadi sumber tenaga di dapur pacunya.

iPad Air 4 ditenagai prosesor terbaru A14 Bionic, yang menggunakan teknologi fabrikasi 5 nano meter untuk setiap transistor yang digunakan. Apple menyebutkan total CPU A14 Bionic mempunyai 11,8 miliar transistor yang dapat meningkatkan performa dan hemat daya.

Chipset A14 Bionic dibekali dengan 6-Core untuk peningkatan kinerja CPU sebesar 40 persen. Sedangkan di sisi grafis menggunakan 4-Core untuk peningkatan grafis sebesar 30 persen.

Sementara untuk bagian Neura Engine, chip ini dilengkapi dengan 16-Core Neural Engine yang diklaim dua kali lebih cepat. Sehingga mampu melakukan 11 triliun operasi per detik untuk digunakan bersama teknologi Machine Learning.

Teknologi lain yang disematkan ke chipset A14 Bionic adalah Machine Learning Accelerator generasi kedua, yang bisa membuat kalkulasi Machine Learning hingga 10x lebih cepat. [IF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here