Sony Hentikan Penjualan PlayStation dan Layanannya di Rusia

Telset.id, Jakarta – Sony mengumumkan bahwa pihaknya telah menghentikan penjualan konsol PlayStation dan layanan PlayStation Store di Rusia. Ini merupakan imbas dari invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Langkah itu diambil seminggu setelah Mykhailo Fedorov, Wakil Perdana Menteri Ukraina, meminta perusahaan teknologi seperti Sony dan Microsoft untuk menarik diri dari pasar Rusia.

“Sony Interactive Entertainment (SIE) bergabung dengan komunitas global dalam menyerukan perdamaian di Ukraina,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke akun sosial media resminya.

Baca Juga: Game Gratis PS Plus Bulan Ini

“Kami telah menangguhkan semua pengiriman perangkat lunak dan perangkat keras, peluncuran Gran Turismo 7, dan pengoperasian PlayStation Store di Rusia,” tulisnya.

Selain itu, Sony Group Corporation juga memberikan sumbangan USD 2 juta kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dan LSM internasional, Save the Children, untuk mendukung para korban tragedi ini.

Baca Juga: Sony Pamer Desain PS VR2

Dengan boikot yang dilakukan Sony, maka pengguna di Rusia tidak bisa membeli konsol terbaru PlayStation dan mengakses toko game PlayStation Store.

Belum diketahui sampai kapan boikot ini diberlakukan oleh Sony PlayStation kepada Rusia. Langkah ini diambil oleh PlayStation menyusul perusahaan teknologi lain yang juga memberlakukan langkah serupa.

Klub dan Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA 22

Selain Sony, EA Sports juga telah menghapus klub-klub dan timnas sepakbola Rusia di game FIFA 22, FIFA Mobile dan FIFA Online.

EA merilis pengumuman ini hanya beberapa hari setelah FIFA dan UEFA mengatakan bahwa tim nasional dan pemain Rusia akan dilarang bermain di pertandingan resmi sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“EA Sports berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Ukrania dan seperti banyak suara di dunia sepak bola, menyerukan perdamaian dan diakhirinya invasi ke Ukraina,” bunyi pernyataan yang dirilis melalui sosial media EA Sports.

Baca Juga: Klub dan Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA 22

“Sejalan dengan mitra kami di FIFA dan UEFA, EA Sports telah memulai proses untuk menghapus tim nasional Rusia dan semua klub Rusia dari produk EA Sports FIFA termasuk: FIFA 22, FIFA Mobile dan FIFA Online. Kami juga secara aktif mengevaluasi perubahan terkait,” sambung EA.

Selain itu, EA akan terus memperbarui panduan komunitas mengenai tindakan apa yang akan diambil ke depannya.

“Kami akan terus memperbarui komunitas kami tentang tindakan apa pun yang diambil, dan berterima kasih kepada para pemain atas kesabaran mereka saat kami mengerjakan pembaruan ini,” pungkas EA.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0