Gara-gara Budaya Perusahaan, Dua Karyawan Riot Games Keluar

Telset.id, Jakarta – System Designer, Daniel Klein, dan Communications Associate, Mattias Lehman, keluar dari Riot Games. Gara-garanya, ada budaya tak sehat di perusahaan. Mereka keluar setelah muncul kontroversi di PAX West.

Bulan lalu, Kotaku membuat artikel investigasi tentang budaya perusahaan di Riot Games, pengembang game League of Legends.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa lebih dari 20 pegawai dan mantan karyawan menyebut, budaya Riot Games mendiskriminasikan wanita.

Karyawan wanita Riot Games sering digoda, tak dipedulikan omongannya, bahkan dihina di depan umum. Mereka juga tidak mendapat kenaikan jabatan. Budaya Riot Games fokus kepada komunitas yang disebut sebagai Core Gamers.

Baca juga: Game Ini “Didaur Ulang” karena Pajang Lambang NAZI

Dalam beberapa minggu belakangan, Riot Games berusaha memperbaiki budaya perusahaan. Agustus 2018, mereka merilis rencana realisasi kebijakan itu. Akhir pekan lalu, mereka mengadakan diskusi di PAX West untuk mendorong wanita masuk dalam industri game.

Riot Games memberi masukan resume kepada pengunjung dan memamerkan produksi game, penulisan naratif, serta cosplay. Pria tidak boleh masuk dalam acara tersebut sehingga memantik kemarahan komunitas online League of Legends.

Beberapa fans League of Legends menyebut acara itu sebagai Seksis karena tidak menyertakan pria. Narasumber Kotaku menyebut bahwa Riot Games meminta para karyawan untuk tidak merespons kontroversi tersebut di depan umum.

Namun, Klein dan Lehman mengacuhkan permintaan perusahaan. Klein mengatakan bahwa diskusi di forum online terkait acara di PAX West penuh dengan pria yang tidak dewasa. Di Twitter, ia mencoba menjelaskan bahwa seksisme terhadap pria tidak masuk akal.

Baca juga: Fortnite Versi Android Tak Tersedia di Google Play Store

Riot Games enggan berkomentar mengapa Klein dan Lehman tidak lagi bekerja untuk perusahaan. Meskipun begitu, dalam sebuah kicauan di Twitter tentang dukungan mereka terhadap acara di PAX West, Riot Games memberikan penjelasan.

Tujuh pegawai dan mantan karyawan Riot Games percaya, Klein dan Lehman keluar dari perusahaan karena berhubungan dengan respons masyarakat terkait kontroversi dalam diskusi di PAX West. “Saya dipecat karena melanggar aturan media sosial perusahaan,” kata Klein, dikutip dari The Verge, Senin (10/9/2018).

Riot Games berjanji akan memperbaiki budaya perusahaan. Jurubicara Riot Games mengatakan, Klein dan Lehman memutuskan keluar tetapi tidak ada hubungannya dengan usaha mereka untuk mengubah budaya perusahaan. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0