telset

Game Klasik Pong Bisa Diagnosa Penyakit Otak

Pong-screenJAKARTA – Riset University of Chicago menyebutkan game tahun 1970-an dari Atari bisa membantu peneliti menemukandiagnosa awal kerusakan orak, misalnya Parkinson dan autisme. Game ini membantu peneliti melihat pergerakan mata sebagai tanda awal ada atau tidaknya kerusakan otak.

Seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (24/01/2015), hasil ini terlihat sederhana, sesederhana game ini. Game Atari yang dimaksud adalah game Pong. Game ini membuat bunyi blip khusus seiring dengan bola memantul di dasar layar ketika bola ini dipukul-pukul.

Ternyata, Pong merupakan cara paling efektif untuk mempelajari pergerakan mata. Presentasi hasil riset ini dipaparkan di  Brain Research Foundation’s Neuroscience Day. Para peneliti mengatakan ketika meneliti orang memainkan Pong, mata mereka akan dilacak melalui Dual Purkinje Image.

Mata akan terlihat fokus di objek bergerak, dan ketika objek bergerak tidak beraturan, maka pandangan manusia tidak memerlukan bekerja menggunakan parameter normal. Jika pergerakan tidak beraturan ini ada di kehidupan nyata, maka koordinasi antar mata dan otak bisa kacau.

Hasil riset ini bisa digunakan untuk membantu koordinasi mata dan otak dengan lebih baik. Hasil riset juga bisa membantu perusahaan mendesain dashboard di mobil misalnya, atau bahkan webpages yang lebih baik. (AI/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0