Fortnite Akhirnya Tersedia di Google Play Store

Fortnite iOS

Telset.id, Jakarta – Hampir dua tahun Epic Games memboikot Google Play Store dari menyediakan aplikasi game populer mereka yaitu Fortnite. Kini game tersebut kabarnya segera tersedia kembali di pasar aplikasi milik Google tersebut.

Selama ini Epic Games menyediakan game Fortnite pada platfrom Android melalui aplikasi market apps pihak ketiga. Namun pada akhirnya Epic Games sendiri menyerah, karena tidak puas dengan pelayanan yang diberikan pihak ketigat tersebut.

{Baca juga: Haus Kemenangan, 40 Persen Gamers Mobile Rela Beli Bot}

Beberapa keluhan yang disampaikan oleh Epic Games, diantaranya yaitu pop-up yang terus menerus muncul untuk mengunduh update, kesepakatan yang ketat dengan operator dan manufaktur hingga penempatan aplikasi pihak ketiga yang dianggap malware oleh Google.

Hal tersebut membuat keuntungan yang diraih oleh Epic Games sebagai pengembang tidak sesuai dengan harapan. “Karena itu, kami meluncurkan Fortnite untuk Android di Google Play Store. Kami akan terus melanjutkan operasi Epic Games App dan Fortnite di luar Google Play,” ungkap Epic Games dalam pernyataan tertulis.

Namun demikian, Epic Games tidak serta merta memutuskan kerjasama Fortnite diluar dari Google Play Store. Fortnite akan tetap tersedia di aplikasi pihak ketiga. Epic Games juga berharap Google Play Store dapat memberikan kebijakan yang lebih menguntungkan bagi si pengembang.

Google sendiri mematok pembagian keuntungan sebesar 70% bagi pengembang dan 30% untuk Google. Hal tersebut dinilai masih terlalu besar bagi beberapa pengembang aplikasi, termasuk Epic Games yang sebelumnya menolak memasarkan Fornite di Google Playstore.

{Baca Juga: Tipe Pemain MOBA yang Sering Ditemui, Nomor 3 Bikin Kesel!}

Tapi pada akhirnya Epic Games harus takluk dengan kekuatan ekosistem yang dibangun oleh Google dalam platform Android.  Sementara untuk ketersediaan aplikasi game Fortnite di App Store iOS, sedari dahulu tampaknya tidak ada yang bermasalah.

Fortnite di Google Playstore Galaxy S20 Ultra
Fortnite di Google Playstore pada perangkat Samsung Galaxy S20 Ultra

Aplikasi ini saat ini telah tersedia di Google Playstore. Tapi untuk saat ini hanya pengguna smartphone saja yang bisa mengunduh game Fortnite ini. Adapun smartphone-smartphone yang sudah kompatibel dengan game tersebut masih sebatas kelas flagship saja. [IR/HBS]

SOURCEAndroidAuthority
Previous articleReview Samsung Galaxy S20 Ultra: Smartphone Terbaik Tahun Ini
Next articleAda WFH, Trafik Internet XL Melonjak Hingga 18%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here