Langgar Hak Cipta, Emulator Nintendo Dolphin Dihapus dari Steam

Telset.id, JakartaEmulator Nintendo yang bernama Dolphin telah dihapus oleh Valve dari layanan Steam setelah menerima pemberitahuan pelanggaran hak cipta dari Nintendo.

Pada akhir Maret lalu pengembang Dolphin membuat emulator sumber terbuka yang dapat menjalankan sebagian besar judul game dari GameCube dan Nintendo Wiim dan mengatakan bahwa mereka berencana untuk menghadirkan emulator gratis ke etalase Steam.

Dilansir Telset dari Engadget, dalam pemberitahuan hukum tanggal 26 Mei yang dilihat oleh PC Gamers, tim hukum Nintendo meminta Valve untuk menghapus Dolphin dari Steam, dan mengklaim emulator tersebut melanggar hak kekayaan intelektual perusahaan.

BACA JUGA:

Dokumen dari tim hukum Nintendo menyebutkan karena emulator Dolphin melanggar hak kekayaan intelektual Nintendo, termasuk namun tidak terbatas pada haknya berdasarkan ketentuan Anti-Circumvention dan AntiTrafficking Digital Millenium Copyright Act (DMCA) 17 USC ยง 1201.

“Kami memberikan pemberitahuan ini kepada Anda tentang kewajiban Anda untuk menghapus penawaran emulator Dolphin dari toko Steam,” ungkap tim hukum Nintendo di dokumen tersebut.

Dengan pemberitahuan tersebut, tim pengembang emulator memiliki dua pilihan bagaimana untuk bergerak maju. Tim pengembang bisa mengajukan klaim balasan dengan Valve, dengan alasan emulator tidak melanggar DMCA seperti yang diklaim oleh Nintendo atau dapat memilih untuk mematuhi pemberitahuan penghapusan tersebut.

Jika tim mengajukan kontra dari pemberitahuan tersebut, Nintendo memiliki waktu dua minggu untuk memutuskan apakah akan mengajukan gugatan atau tidak. Menurut laporan PC Gamer, tidak jelas apakah perusahaan tersebut benar-benar bermaksud untuk mengambil tindakan hukum terhadap Dolphin.

Namun, jika kasus aplikasi emulator Nintendo ini dibawa ke pengadilan, itu bisa memiliki dampak yang luas pada emulator lainnya. Untuk saat ini, tim Dolphin mengatakan sedang memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

BACA JUGA:

“Dengan sangat kecewa kami harus mengumumkan bahwa rilis Dolphin di Steam telah ditunda tanpa batas waktu tertentu,” ungkap tim Proyek Emulator Dolphin pada Jumat.

“Kami diberitahu oleh tim Valve bahwa Nintendo telah mengeluarkan penghentian dan penghentian ini mengutip DMCA terhadapat Dolphin, dan telah membuat Dolphin dihapus dari Steam sampai masalah tersebut diselesaikan. Kami saat ini sedang menentukan langkah yang lebih mendalam dalam waktu dekat,” tambah tim Proyek Emulator Dolphin.

Pada saat ini, gamers masih mengunduh emulator Dolphin langsung dari website resminya atau dari halaman GitHub. Sementara itu, tim Dolphin tidak menerima pemberitahuan penghapusan langsung dari Nintendo. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI