Cara Hapus Informasi di Google kalau Pengguna Meninggal

Telset.id, Jakarta – Apakah Anda menggunakan Gmail, Google Maps, Google Search, dan produk Google lainnya? Jika iya, Google kemungkinan menyimpan banyak informasi tentang Anda di server.

Anda bisa mengatur beberapa opsi, termasuk memberi kontrol kepada pasangan. Bisa pula hapus semuanya secara otomatis setelah Anda meninggal dunia atau jika akun tak aktif dalam waktu lama.

Dilansir CNBC, berikut cara memberi tahu kepada Google, apa yang harus dilakukan secara otomatis dengan semua informasi pribadi jika Anda berhenti menggunakan produk Google untuk selamanya.

  • Buka google.com
  • Klik Data & Personalization
  • Gulir ke bawah dan pilih Make a Plan for Your Account
  • Klik Start

Seperti dikutip Telset.id, Rabu (29/5/2019), Google selanjutnya akan membiarkan Anda mulai mengonfigurasi apa yang harus dilakukan jika memutuskan untuk berhenti menggunakan layanan.

{Baca juga: Merinding! Google AI Bisa Prediksi Kematian Manusia}

Berikutnya, Anda wajib melakukan hal berikut. Pilih berapa lama Google harus menunggu setelah menyadari bahwa Anda benar-benar tidak aktif. Secara default adalah tiga bulan tidak aktif.

Namun, Anda dapat mengaturnya untuk menunggu hingga 18 bulan. Google akan memberi tahu satu bulan sebelum waktunya habis melalui email dan pesan teks sebelum akun Anda total nonaktif.

Isilah nomor telepon Anda supaya Google bisa menghubungi  melalui pesan teks sebelum memutuskan untuk menghapus apapun di Gmail atau akun lain. Pastikan email kontak Anda benar.

Selanjutnya, atur siapa yang bisa mendapatkan akses ke informasi atau mengelola akun Anda. Masukkan hingga 10 kontak yang bisa dihubungi setelah ada pemberitahuan Anda tidak aktif.

Pilih data apa yang dapat dibagikan dengan mereka, termasuk segala sesuatu dari kontak Anda ke riwayat Google Chrome, Gmail, Google Photos, dan lain-lain. Mereka akan mengakuisisi akun Anda.

Buat balasan otomatis yang akan dikirim dari akun Gmail Anda setelah tidak aktif. Di sinilah Anda mungkin menaruh pesan bahwa Anda tidak lagi menggunakan Gmail atau telah meninggal dunia.

{Baca juga: Gmail Punya Fitur Mengatur Waktu Pengiriman Email}

Terakhir, pilih apakah Anda ingin akun dihapus secara otomatis setelah tidak aktif dan setelah kontak punya waktu tiga bulan untuk mengakses dan memulihkan apapun yang mungkin ingin disimpan.

Situs Google mengatakan bahwa hal tersebut termasuk informasi yang dibagikan secara publik, seperti video YouTube. Langkah pamungkas, klik Review Plan, kemudian berlanjut ke Confirm Plan. [SN/HBS]

Sumber: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

MUI Bantah Keluarkan Fatwa “Netflix Haram”

Telset.id, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) membantah telah mengeluarkan fatwa haram untuk layanan streaming Netflix. MUI mengatakan hingga...

XL Ajarkan Bijak di Media Sosial dan Internet pada 100 Sekolah

Telset.id, Jakarta - XL Axiata ingin anak-anak Indonesia dapat memanfaatkan internet secara positif dan produktif. Karyawan XL memberikan edukasi...

7 Aplikasi Antivirus Paling Ampuh untuk Smartphone

Telset.id, Jakarta - Virus sudah menjadi momok bagi pengguna smartphone. Virus mampu merusak sistem perangkat lunak dan data pengguna....

Mau Simpan Status WhatsApp yang Lucu-lucu, Begini Caranya!

Telset.id - Sering kali kita menemukan status WhatsApp lucu yang dibagikan oleh teman-teman kita. Akan tetapi, status ini hanya...

Inggris Cuekin Ajakan AS Soal Proyek 5G Huawei

Telset.id, Jakarta - Inggris tampaknya tak peduli atas ajakan Amerika Serikat (AS) untuk embargo Huawei. Pasalnya, para pejabat Inggris...
- Advertisement -