WhatsApp Web akan Punya Fitur Boomerang dan Dark Mode

Telset.id, Jakarta – Pengguna WhatsApp Web akan mendapatkan beberapa fitur baru menarik yang akan segera digulirkan dalam update mendatang. Namun mungkin yang paling menarik dan paling ditunggu adalah fitur video Boomerang dan Dark Mode.

Fitur-fitur baru itu memang belum resmi dirilis. Namun begitu, beberapa pengguna mengatakan sudah menemukan kedua fitur baru di WhatsApp itu dalam versi beta. Masih belum jelas kapan fitur-fitur ini akan resmi digulirkan.

{Baca juga: WhatsApp Web Tak Perlu Lagi Terhubung ke Ponsel}

Tapi sambil menunggu fitur-fitur baru di WhatsApp ini akan resmi diluncurkan, ada baiknya kita ulas sedikit tentang beberapa fitur yang akan datang tersebut, seperti dikutip dari WABeta Info, Rabu (28/8/2019) berikut ini:

Dark Mode

Kabar tentang kehadiran fitur dark mode atau ‘mode gelap’ di WhatsApp sudah beredar sejak pertengahan 2018 lalu. Para pengguna WhatsApp nampaknya sudah tak sabar menunggu kedatangan fitur dark mode ini. Namun hingga hari ini belum ada konfirmasi tanggal rilisnya.

Facebook Messenger sudah mengadopsi fitur mode gelap, sehingga hal itu memberi harapan ke pengguna bahwa fitur itu akan segera datang ke WhatsApp. Mengingat Facebook adalah pemilik dari layanan WhatsApp.

Terlepas dari daya tarik visual mode gelap, fungsionalitas fitur ini akan membuat chatting menjadi lebih mudah. Selain itu, fitur dark mode akan mengurangi ketegangan pada mata pengguna di malam hari, dan juga meningkatkan usia baterai ponsel Anda.

{Baca juga: WhatsApp Web, Cara Pakai dan Trik Memaksimalkannya}

Video Boomerang

Fitur Boomerang sebenarnya bukan ‘barang baru’, terutama buat yang aktif di Instagram. Ya fitur ini memang sudah lebih dulu hadir di aplikasi berbagi foto tersebut. Lantas, apakah fitur video Boomerang di WhatsApp berbeda dengan yang ada di Instagram?

Pada prinsipnya sama, yakni untuk membuat video dalam format GIF dengan gerakan yang berulang-ulang. Nantinya video Boomerang di WhatsApp ini bisa dibagikan sebagai status WhatsApp, atau langsung dikirimkan ke teman atau keluarga di kontak WhatsApp.

Katanya fitur ini baru akan tersedia untuk pengguna iOS terlebih dahulu, baru kemudian menyusul akan hadir di perangkat Android.

Memoji

Fitur berikutnya yang akan hadir di WhatsApp adalah Memoji, yang adalah bentuk baru dari Animoji. Fitur ini pertama kali diperkenalkan Apple pada 2018 lalu. Yang unik dari fitur Memoji adalah memungkinkan pengguna bisa menciptakan Animoji berdasarkan karakter diri sendiri.

Caranya mudah, setelah jadi karakter yang diinginkan, Anda hanya perlu memotret atau merekamnya sebelum dikirim. Karakter ini akan tersimpan bersama karakter Animoji yang lain. Jadi kapan saja mau digunakan kembali, bisa tinggal dipilih.

Fitur ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp di iPhone X, XR dan XS yang sudah menggunakan iOS 13. Fitur Memoji akan mulai digulirkan diupdate 2.19.90. Sementara untuk pengguna Android, masih harus menunggu untuk diluncurkan.

Album dan Group Sticker

Ini tentu menjadi kabar gembira bagi pengguna yang sering chat di WhatsApp Web. Karena fitur Album dan Group Sticker sebelumnya hanya bisa dinikmati di versi mobile. Fitur ini sudah diluncurkan sejak 2018, tapi hanya untuk WhatsApp mobile.

Seperti diketahui, fitur album di WhatsApp Web ini juga sama seperti di versi mobile, yakni untuk mengelompokkan foto dan video dalam satu keranjang chat atau percakapan. Dengan begitu, konten foto dan video pada chat WhatsApp Web tak lagi muncul satu per satu dan menghabiskan tampilan di layar.

{Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di Desktop}

Sementara fungsi Group Sticker juga sama seperti di WhatsApp mobile. Jadi, saat Anda akan mem-forward dua stiker, nantinya akan otomatis menempatkannya pada satu baris yang sama secara horizontal.

Sebelumnya, kalau Anda ingin mengirimkan dua stiker akan muncul satu per satu dengan berderet ke bawah secara vertikal, sehingga memakan tempat. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here