WhatsApp Uji Coba Fitur Pengaturan Kualitas Gambar dan Video

Telset.id, Jakarta – WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim gambar tanpa terlalu banyak mengompresnya. Fitur baru ini masih dalam pengembangan dan belum diaktifkan untuk pengguna pengujian beta.

Selain itu, WhatsApp juga sedang mengerjakan pengaturan kualitas video, yang juga memungkinkan pengguna mengirim video di WhatsApp dengan kompresi minimum.

Seperti diketahui saat ini WhatsApp tidak menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kualitas gambar dan video yang akan dikirim. Alhasil, gambar yang dikirim akan banyak terkompres, karena secara otomatis mengompresi gambar dan video sesuai dengan batasannya.

Situs pelacak fitur WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp untuk Android beta v2.21.14.16 telah dirilis dan sedikit penggalian kode mengonfirmasi bahwa platform pesan instan terbesar di dunia itu sedang menggarap fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi gambar dalam kualitas terbaik.

Baca juga: Kirim Foto & Video di WhatsApp Bisa Terhapus Otomatis, Begini Caranya

“Saat ini, ukuran file maksimum yang diizinkan di WhatsApp untuk semua media — baik itu foto, video, atau pesan suara — adalah 16 MB di semua platform. Pada sebagian besar ponsel, ini akan sama dengan sekitar 90 detik hingga 3 menit video,” kata WhatsApp dalam penjelasannya.

Pembatasan ini memaksa kompresi media secara otomatis, saat mengirimkannya di WhatsApp. Pengujian Beta terbaru menunjukkan bahwa WhatsApp sedang mengerjakan cara untuk memperbaikinya.

Kualitas Gambar WhatsApp

WhatsApp akan menambahkan opsi di Pengaturan, dimana pengguna dapat mengaktifkan kualitas foto dan video yang lebih baik untuk mengirim gambar/video. Opsi ini akan memungkinkan pengguna untuk memilih dari tiga opsi, Auto (Otomatis), Best Quality (Kualitas Terbaik), Data Saver (Penghemat Data).

Opsi Auto memungkinkan WhatsApp mendeteksi algoritma kompresi terbaik untuk gambar/video tertentu. Sementara opsi Best Quality akan mengirimkan gambar menggunakan pengaturan kualitas yang tersedia. Sedangkan Data Saver akan memampatkan gambar/video hingga batas tertentu untuk menghemat data.

Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan untuk penguji beta, karena masih dalam pengembangan. Ini berarti pengguna masih belum bisa mencobanya, walaupun mereka sudah menggunakan WhatsApp untuk Android beta v2.21.14.16.

Baca juga: Cara Ganti Font dan Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Bocoran ini terungkap disaat WhatsApp juga dilaporkan sedang mempersiapkan pengujian publik untuk salah satu fitur yang paling dinanti oleh para pengguna, yakni dukungan multi-perangkat.

Seperti diketahui, saat ini WhatsApp sedang berupaya menghadirkan dukungan multi-perangkat. Fitur ini dilaporkan akan segera diluncurkan untuk pengujian beta publik. Nantinya fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk masuk dengan akun yang sama di hingga empat perangkat secara bersamaan. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0