WhatsApp Batasi Forward Pesan untuk Tekan Hoaks Corona

Telset.id, Jakarta  – WhatsApp memberlakukan batasan baru untuk forward pesan (forward message) alias pesan yang diteruskan. Tujuannya, untuk menekan informasi yang salah atau hoaks virus corona.

Seperti dilansir New York Post, pengguna WhatsApp sekarang dapat meneruskan pesan tertentu ke hanya satu percakapan pada suatu waktu. Sebelumnya, pengguna bisa meneruskan pesan ke lima percakapan.

{Baca Juga: Daftar 10 Hoaks Penyebaran Virus Corona di Indonesia}

Dikutip Telset.id, Rabu (8/4/2020), WhatsApp menyampaikan bahwa aturan baru tersebut berlaku untuk teks yang telah diteruskan sebanyak beberapa kali. Message itu ditandai oleh WhatsApp dengan dua tanda panah.

WhatsApp menyebut, langkah itu bertujuan untuk memperlambat pesan soal virus corona yang diteruskan sehingga membanjiri pengguna dan justru berkontribusi terhadap penyebaran informasi salah atau disinformasi.

Selama pandemi virus corona, WhatsApp menyatakan telah melihat lonjakan forward message. “Sangat penting untuk memperlambat penyebaran pesan-pesan seperti itu agar WhatsApp tetap aman dan privat,” katanya.

WhatsApp berupaya untuk menghentikan forward pesan sejak 2018 ketika pesan viral dilaporkan terkait dengan serangkaian kasus pemukulan di India. Sekarang, WhatsApp berjuang melawan berita palsu mengenai corona.

{Baca juga: Durasi Video Status di WhatsApp akan “Dikorting” jadi 15 Detik}

Perusahaan induk WhatsApp, Facebook, telah mengambil sikap agresif yang sama terhadap informasi yang salah tentang virus corona. Facebook berjanji untuk menghapus konten yang menyebarkan teori konspirasi. [SN/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -