Utak-atik Musik Elektronik via Fruity Loops Bisa di Mac

FL-Studio-20

Telset.id, Jakarta – Image-Line akhirnya merilis Fruity Loops untuk perangkat Apple Mac. Padahal, selama puluhan tahun, aplikasi Digital Audio Workstation untuk menciptakan musik elektronik tersebut cuma bisa diakses di perangkat Windows.

Dengan kebijakan itu, pengguna yang sudah membeli lisensi Fruity Loops untuk Windows juga bisa langsung menggunakannya di komputer Mac. Image-Line menjamin pula semua dokumen Fruity Loops di Windows bisa langsung diteruskan ke Mac atau sebaliknya.

Menurut kabar, Image-Line sudah mengerjakan Fruity Loops untuk Mac sejak 2013. Image-Line sempat terkendala dengan bahasa pemrograman Delphi yang hanya tersedia di Windows. Untuk sementara, Fruity Loops untuk Mac bisa dicoba secara gratis.

Namun begitu, setelah masa uji coba selesai, pengguna harus membeli lisensinya. Fruity Loops menyediakan beberapa versi serta harga bagi pengguna. Untuk versi standar, harganya USD 99. Kalau ingin FL Studio + All Plugin, harganya cukup mahal, yakni USD 899.

Di dunia Digital Audio Workstation, selain Fruity Loops, ada pula beberapa aplikasi yang mempunyai cara kerja mirip. Ableton Live, misalnya, punya layanan cukup komplit dan sangat bisa jadi andalan untuk pengguna yang sudah masuk ke level lebih tinggi dalam memproduksi musik.

Baca juga: Rapper Kanye West Tutup Kamera MacBook Pakai Selotip, Kenapa?

Aplikasi lainnya adalah Cubase. Meski sudah ketinggalan secara teknologi, Cubase tetap punya kemampuan mumpuni. Pada 2016, Cubase bahkan merilis tiga versi Digital Audio Workstation yang berbeda pada hari yang sama, yaitu Cubase Pro, Cubase Artist, dan Cubase Elements 9.

Ada pula aplikasi Propellerhead Reason. Versi 6 Propellerhead Reason sudah rilis beberapa waktu lalu, mendukung banyak plug-in dan perbaikan yang signifikan. Bahkan, Propellerhead Reason meningkatkan diri hingga Versi 10 dengan tambahan dua jenis synth. [BA/HBS]

Sumber:  Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here