Tahun Depan, Fitur Upload Gratis di Google Photos Dihilangkan

Upload foto Google Photos

Telset.id, Jakarta – Salah satu keunggulan mutlak dari Google Photos adalah kebebasan dalam upload foto maupun video di sistem cloud secara gratis. Namun, kebebasan tersebut akan segera usai setelah Google memutuskan untuk menghilangkan fitur tersebut.

Sekadar informasi, Google sebelumnya memungkinkan pengguna untuk unggah foto maupun video secara gratis dengan format yang telah dikompresi terlebih dahulu.

Pengguna sebenarnya bisa menyimpan foto dan video di sistem cloud Google dengan kualitas original, tapi harus berlangganan layanan Google One terlebih dahulu.

Ada enam pilihan penyimpanan yang bisa dibeli pengguna melalui layanan Google One. Mulai dari 100GB, 200GB, 2TB, bahkan sampai 30TB.

{Baca juga: Google Photos Punya Fitur “Saran” Cara Mengedit Foto}

Fitur Upload Gratis Google Photos Setop Tahun Depan

Upload foto gratis Google Photos

Mulai 1 Juni tahun depan, pengguna tidak dapat lagi upload foto maupun video secara gratis ke Google Photos. File apapun yang diunggah pengguna akan dihitung ke dalam penyimpanan 15GB yang didapatkan oleh setiap akun Google.

Sebelumnya, hanya foto atau video yang diunggah dalam preset kualitas asli yang dihitung ke dalam ruang penyimpanan cloud pengguna. Namun pada Juni tahun depan, fitur upload gratis ke Google Photos benar-benar dihilangkan.

Dikutip Telset.id dari GSMArena, Kamis (12/11/2020), ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pengguna.

Semua file yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan hanya berlaku untuk foto atau video yang di-upload setelah aturan berlaku.

{Baca juga: 5 Cara Mudah Mengirim Foto Tanpa Kompres File}

Lalu, bagi pengguna yang memiliki ponsel Google Pixel, mereka tetap berhak upload foto atau video gratis di Google Photos sampai periode yang telah ditentukan.

Agar ruang penyimpanan cloud tidak penuh, Google juga menawarkan fitur pengelolaan kepada pengguna untuk memilih mana foto dan video yang ingin disimpan atau dihapus. Fitur itu juga akan secara otomatis menyorot konten berkualitas buruk yang mungkin tidak ingin disimpan pengguna.

Hilangnya fitur upload gratid di Google Photos berlaku untuk semua pengguna di seluruh platform, termasuk Android, iOS, dan desktop. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here