Ticketed Spaces, Ladang Cuan untuk Pengguna dari Twitter

Telset.id, Jakarta – Twitter siapkan fitur yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan uang lewat Spaces yang diselenggarakan. Fitur Twitter itu nantinya akan diluncurkan dengan nama Ticketed Spaces.

Mengutip dari Indian Express, Ticketed Spaces pada dasarnya merupakan perluasan dari fitur Spaces yang baru-baru ini diluncurkan oleh Twitter. Namun, konsepnya akan sedikit berbeda dengan Spaces.

Biasanya, pengguna bisa bebas masuk ke ruang Spaces. Tapi untuk Ticketed Spaces, pengguna bisa menjual tiket ruang obrolan yang diadalan kepada seluruh pengguna.

{Baca juga: Twitter Buka Proses Aplikasi Verifikasi Publik, Ini Syarat & Cara Daftarnya}

Dilansir Telset pada Minggu (23/5/2021), fitur tersebut memberikan pengguna kebebasan untuk menentukan harga tiket dan jumlah tiket yang akan dijual. Pengguna pun akan mendapat keuntungan yang besar karena Twitter hanya mengambil 20% dari total penjualan Tiket.

Twitter mengatakan pemotongan 20% akan membantu menutupi biaya layanan di Stripe, yaitu aplikasi keuangan yang menangani pembayaran di platform Ticketed Spaces. Lalu pengguna akan diminta untuk memiliki akun Stripe untuk tujuan pembayaran.

Sayangnya tidak sembarang pengguna Twitter yang bisa menjual tiket untuk akses Ticketed Spaces. Ada persyaratan yang harus dipenuhi, seperti harus memiliki setidaknya 1.000 followers.

Pengguna Twitter juga harus mengadakan 3 Spaces dalam 30 hari terakhir dan berusia minimal 18 tahun. Lantas kapan fitur ini akan dirilis?

Awalnya muncul rumor jika aplikasi ini akan tersedia dalam beberapa minggu yang akan datang. Kemudian rumor tersebut diklarifikasi oleh juru bicara Twitter yang menyatakan bahwa fitur Ticketed Spaces masih dalam tahap uji coba di Amerika Serikat.

{Baca juga: Twitter Mau Rilis Layanan Premium Twitter Blue, Apa Keunggulannya?}

“Ini aplikasi awal dan masih proses. Walaupun begitu dalam beberapa minggu ke depan tim berencana untuk memulai dengan kelompok uji kecil,” ujar Twitter.

“Meskipun hanya pengguna Amerika Serikat yang dapat menghosting ruang dengan tiket ini, untuk saat ini, siapa pun di seluruh dunia dapat membeli akses,” tambahnya.

Fitur Spaces Resmi Diluncurkan 

Ticketed Spaces sendiri merupakan pengembangan dari fitur Spaces yang diumumkan Twitter pada Mei 2021. Perlu diketahui, Spaces adalah fitur yang dapat digunakan oleh semua pengguna dengan minimal 600 pengikut.

Spaces adalah fitur obrolan suara khusus audio yang memungkinkan penyelenggara melakukan streaming obrolan suara dengan pengguna. Anggota audiens dapat mendengarkan atau menjadi bagian dari percakapan.

Pengguna Twitter Spaces
Spaces

“Sejak kami mengembangkan fitur ini, jutaan orang sudah bisa membuat sesi di Spaces dan kami terus melakukan perbaikan berdasarkan masukan anda,” tulis Twitter yang dikutip Telset di laman blog resminya.

{Baca juga: Twitter Spaces Meluncur untuk Semua Pengguna, Ini Syarat & Cara Pakainya}

Seperti diketahui, Spaces diperkenalkan secara private pada Desember tahun lalu. Selama masa percobaan, hanya beberapa pengguna iOS saja yang berkesempatan mencoba fitur obrolan suara ini secara random.

Setelah itu pada awal tahun ini, para pengguna Android juga bisa mencobanya secara terbatas. Kini, fitur Spaces akhirnya digulirkan secara resmi di kedua platform tersebut untuk semua pengguna Twitter. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -