Twitter Sedang Garap Fitur Emoji Reaction, Mirip Facebook?

Telset.id, Jakarta – Twitter sepertinya sedang menggarap fitur baru emoji reaction, mirip seperti yang ada di Facebook. Hal ini diketahui setelah pengguna menerima sampel survei dari perusahaan berkaitan dengan pertanyaan tengang berbagai bentuk emoji.

Dilansir Telset dari Ubergizmo pada Jumat (26/03/2021), kabar Twitter mengembangkan fitur emoji reaction bermula saat Twitter membagikan survei kepada pengguna. Melalui survei tersebut pengguna diminta untuk memilih set emoji yang berbeda.

Survei tersebut menimbulkan spekulasi bahwa Twitter mungkin memperkenalkan fitur reaksi yang bentuknya serupa seperti di Facebook.

Perlu diketahui bahwa sejak lama Facebook telah menghadirkan fitur emoji reaction. Melalui fitur tersebut pengguna dapat bereaksi dengan emoji tertawa, emoji kaget, emoji marah, dan sebagainya.

{Baca juga: Twitter akan Tandai “Kicauan Sesat” Soal Vaksin Covid-19}

Menanggapi hal tersebut juru bicara Twitter menyatakan bahwa perusahaan memang terus mencari cara agar pengguna lebih mudah berekspresi di media sosial berlogo burung emprit ini.

“Kami sedang mencari cara lain bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka dalam percakapan yang terjadi di Twitter,” tutur juru bicara Twitter.

“Ini bukan pertama kalinya Twitter mengubah cara pengguna bereaksi terhadap postingan. Sebelumnya, Twitter menggunakan ikon bintang sebagai cara bagi pengguna untuk “menyukai” atau memfavoritkan sebuah kiriman,” sambungnya.

{Baca juga: Cara download Video dan GIF di Twitter, Android dan PC}

Perusahan mungkin bisa saja mengelak terkait spekulasi tentang fitur emoji reaction. Akan tetapi kehadiran fitur ini mungkin saja dapat diterima dengan baik oleh pengguna dan patut ditunggu kapan fitur emoji reaction akan hadir di Twitter.

Twitter Uji Coba Fitur ‘Undo Tweet’

Sebelumnya Twitter juga dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur “undo tweet” khusus untuk pelanggan berbayarnya. Fitur baru ini diketahui sudah masuk dalam tahap uji coba.

Fitur undo tweet adalah fitur yang diciptakan agar pengguna dapat membatalkan tweet mereka yang memiliki kesalahan ketik atau kesalahan lainnya dalam jangka waktu terbatas.

Fitur Twitter Emoji

Hadirnya fitur ini merupakan respon dari Twitter terhadap opsi edit yang banyak diminta pengguna, yang hingga kini belum tersedia di jaringan microblogging paling populer itu.

Fitur undo tweet dihadirkan sebagai salah satu alasan untuk meyakinkan pengguna agar mereka mau berlangganan Twitter dengan biaya reguler tertentu.

{Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur ‘Undo Tweet’ untuk Pengguna Berbayar}

Reverse engineer Jane Manchun Wong men-tweet tentang keberadaan fitur undo tweet yang muncul di layar pengguna berbayar. Fitur ini pada dasarnya akan memungkinkan pengguna untuk membatalkan tweet terbaru.

Harap dicatat, fitur ini tidak sama seperti fungsi hapus tweet yang sepenuhnya menghapus pesan tertentu agar tidak terlihat oleh semua pengguna Twitter.

Dengan undo tweet, pengguna memiliki opsi untuk menghapus tweet dengan cepat dalam jangka waktu tertentu sebelum dikirim. Isu kehadiran fitur emoji reaction dan uji coba fitur undo tweet merupakan upaya Twitter menghadirkan inovasi terbaru kepada pengguna.

Semoga saja fitur-fitur tersebut bisa segera resmi dirilis sehingga bermain Twitter bisa semakin seru serta aman. [NM/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -