Tokopedia Dukung Sepatu Lokal Lewat “Bersebelas #MelangkahBareng”

Telset.id,Jakarta – Tokopedia mendukung pengusaha sepatu lokal di masa pandemi. Dukungan ini ditunjukkan dalam bentuk kolaborasi dengan Never Too Lavish (NTL), dan 10 pengusaha sepatu lainnya untuk menghadirkan gerakan bertajuk “Bersebelas #MelangkahBareng”.

Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo mengatakan bahwa gerakan “Bersebelas #MelangkahBareng” ini merupakan upaya Tokopedia dalam mendukung para pengusaha sepatu lokal untuk tetap eksis dan bertahan di masa pandemi Covid-19.

“Upaya bersama ini ditujukan untuk mendukung para pegiat UMKM sepatu lokal mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaan di tengah pandemi sekaligus mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk dalam negeri,” ujar Aldhy.

{Baca juga: Teken Perjanjian Jual-Beli, Gojek dan Tokopedia Sepakat Merger?}

Lebih lanjut Aldhy juga mengatakan bahwa kolaborasi ini juga dilatarbelakangi antusiasme masyarakat dalam memenuhi kebutuhan fashion secara online. Diakuainya, di masa pandemi ini ada peningkatan transaksi sekitar 2x lipat selama Desember 2020 lalu.

“Ada peningkatan transaksi pada kategori Fashion di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama Desember 2020 jika dibandingkan dengan periode awal pandemi pada 2020. Transaksi produk sepatu juga meningkat hampir 2x lipat,” tutur Aldhy.

Tokopedia pun mencatatkan apresiasi tinggi masyarakat terhadap sepatu lokal. Terlihat dari peningkatan transaksi salah satu pegiat usaha lokal seperti Nokha, yang mencapai hampir 2,5x lipat.

Hal serupa juga dialami oleh pegiat sepatu lokal Brodo yang mencatatkan peningkatan transaksi hampir 5,5x lipat.

Gerakan Bersebelas #MelangkahBareng

Founder NTL, Bernhard Suryaningrat atau yang akrab disapa Abeng, menyampaikan, “Gerakan Bersebelas #MelangkahBareng ini adalah wujud dukungan terhadap sesama seniman dan pelaku industri lokal untuk bangkit bersama.

“Dengan pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia, industri sepatu lokal diharapkan bisa lebih maju bahkan di tengah pandemi,” ujar Abeng saat konferensi pers virtual pada Jumat (12/03/2021) kemarin.

Pada kampanye ini, Tokopedia bersama NTL berkolaborasi dengan 10 merek sepatu lokal lainnya, yaitu Patrobas, Pijakbumi, Fuse Concept, Nokha, Seji, Exodos, Ortuseight, FYC, Rafheoo dan Brodo.

{Baca juga: Tokopedia Permudah Masyarakat Belanja Sembako Lewat TokoMart}

Nantinya setiap bulan mereka akan merilis produk baru yang merupakan hasil kolaborasi dan produk tersebut akan dirilis di Tokopedia.

“Setiap bulan, kami akan merilis produk hasil kolaborasi bertajuk “Bersebelas Series” yang bisa didapatkan masyarakat secara eksklusif di Tokopedia,” jelas Abeng.

Content Creator dan Pecinta Sepatu, Denis Juherman mengapresiasi kolaborasi ini. Alasannya selama pandemi, semakin banyak merek sepatu lokal yang menawarkan berbagai produk dengan kreativitas dan kualitas yang mumpuni.

Tokopedia Sepatu Lokal

Selain itu dengan kolaborasi ini diharapkan mampu mengajak masyarakat Indonesia untuk memakai produk Indonesia.

“Harapannya, melalui kolaborasi ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengenal dan memakai produk Indonesia,” harap Denis.

Tokopedia melalui Aldhy di sisi lain berharap akan semakin banyak pihak yang lebih gencar berkolaborasi dalam membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, terus berkontribusi memulihkan ekonomi.

{Baca juga: Tokopedia Ungkap 5 Kategori Produk Paling Populer di Akhir Tahun}

“Sudah waktunya kita menjunjung lebih tinggi rasa bangga buatan Indonesia, sebuah kebiasaan yang dapat mendorong para UMKM bisa meraja di negeri sendiri, demi membawa perekonomian nasional yang lebih mandiri,” tutup Aldhy.

Patut ditunggu bagaimana kiprah gerakan kolaborasi ini. Semoga saja gerakan ini dapat mendukung bisnis sepatu lokal agar ekonomi Indonesia bisa kembali tumbuh seperti sebelum adanya pandemi. [NM/IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -